Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA MALUKU: Bermasalah, 2 Partai Pendukung Pasangan 'Damai' Diverifikasi KPU

BISNIS.COM, AMBON--Akibat mengalami dualisme kepemimpinan, dua partai pendukung pasangan abdullah Vanath-Marthen Maspaitella akan diverifikasi KPU Maluku.

BISNIS.COM, AMBON--Akibat mengalami dualisme kepemimpinan, dua partai pendukung pasangan abdullah Vanath-Marthen Maspaitella akan diverifikasi KPU Maluku.

KPU Maluku akan melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) dan Partai Kedaulatan terkait pemberian rekomendasi kepada Abdullah Vanath- Marthen Maspaitella (DAMAI) untuk mengikuti pilkada pada 11 Juni 2013.

"Kami akan melakukan verifikasi faktual di Jakarta sehubungan dualisme kepemimpinan dua partai politik (Parpol ) tersebut di tingkat nasional berkaitan ada sanggahan dari pemegang mandat PPRN dan Partai Kedaulatan di Maluku," kata Ketua KPU Maluku Idrus Tatuhey di Ambon, Kamis (14/3/2013).

Verifikasi juga dilakukan di Kementerian Hukum dan HAM agar terjamin keabsahan dua Parpol tersebut.

"Jadi KPU Maluku tetap objektif melakukan verifikasi berkas bakal calon (Balon) Gubernur dan Wagub periode 2013-2018," ujarnya.

Verifikasi masih tahap I sehingga pasangan Balon Gubernur - Wagub dimungkinkan untuk membenahi administrasi yang nantinya disampaikan KPU Maluku, sedangkan tahap II hingga 8 April 2013.

"Kami menjamin verifikasi dilakukan seobjektif mungkin agar pasangan bakal calon Gubernur-Wagub yang lolos bertanggungjawab, baik administrasi maupun hukum," kata Idrus.

Disinggung pemeriksaan kesehatan Balon, dia menjelaskan, KPU Maluku telah menjalin kerja sama dengan IDI setempat.

Pemeriksaan diputuskan di RSUD dr M Haulussy pada 1-10 April 2013, sedangkan psikotes berlangsung di kantor KPU Maluku di kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Pasangan yang sedang berproses untuk menjadi Gubernur - Wagub Maluku adalah Said Assagaff-Zeth Sahuburua (SETIA) diusung Partai Golkar delapan kursi, PKS (enam), PPP dan PAN masing-masing dua kursi serta Pelopor dan PNI Marhenis masing-masing satu kursi.

Sementara pasangan Abdullah Tuasikal-Hendrik Lewerissa memiliki keterwakilan delapan kursi di DPRD Maluku yang diperoleh dari Partai Hanura dengan tiga Legislator serta masing-masing satu dari Partai Gerindra, PBB, PBR, PKP I dan PKB.

Sedangkan PDI P merekomendasikan Herman Koedoeboen-Daud Sandaji dan Partai Demokrat Jakobus Puttileihalat-Arifin Tapi Oyihoe.

Abdullah Vanath-Marthen Maspaitella didukung 11 DPC Partai Demokrat se- Maluku dan 15 partai politik tidak miliki keterwakilan di DPRD Maluku serta Jack Noya-Adam Latuconsina melalui jalur perseorangan.

Pilkada Maluku 2008 tercatat Karel Albert Ralahalu terpilih sebagai Gubernur periode kedua dengan Wagubnya Said Assagaff meraih kemenangan 452.711 suara atau 62,14 persen dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 936.519 orang.

Karel Albert Ralahalu masa jabatan periode kedua berakhir pada 15 September 2013. Karel periode pertama (2003-2008) berpasangan dengan Mohammad Latuconsina, sedangkan kedua ( 2008-2013).(antara/yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper