Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketika Bule Ikut Nobar Pelantikan Prabowo-Gibran

Warga negara asing alias bule ikutan ikut nonton bareng alias nobar pelantikan presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran di Taman Pandang, depan Istana Negara.
Ketika Bule Ikut Nobar Pelantikan Prabowo-Gibran / Bisnis - Surya Dua Artha
Ketika Bule Ikut Nobar Pelantikan Prabowo-Gibran / Bisnis - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA — Warga negara asing alias bule ikutan ikut nonton bareng alias nobar pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo-Gibran di Taman Pandang, depan Istana Negara, persimpangan Jl. Medan Merdeka Barat-Utara, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2024) siang.

Di Taman Pandang, disediakan panggung dengan tiga layar ukuran tidak kurang dari 3×4 meter. Setidaknya ada ribuan warga yang memadati kawasan sekitar Taman Pandang.

Tak hanya warga lokal, setidaknya dua orang bule juga terlihat menyaksikan prosesi pelantikan hingga pidato yang diberikan oleh Presiden Prabowo Subianto. Salah satunya adalah Elly Nas (62), warga negara Belanda. Elly datang bersama saudara laki-lakinya. Mereka sedang berada berlibur ke Indonesia.

Awalnya, Elly ingin melihat Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (20/10/2024) pagi. Ketika tiba, dia kaget sudah banyak orang dan panggung yang berada di kawasan Monas terutama di Taman Pandang.

"Kami sangat terkejut tapi sangat bersyukur juga, sungguh," kata Elly kepada Bisnis.

Setelahnya, baru Elly menyadari bahwa orang-orang sedang nobar prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden baru Indonesia. Dia berpendapat, acara nobar tersebut berjalan baik.

"Semua orang sangat ramah, juga tampak bahagia, dan itu bagus," ujarnya.

Dia mengaku tidak fasih bahasa Indonesia, namun dia meyakini pidato Prabowo terkait tentang janji-janji untuk rakyat Indonesia ke depan. Menurutnya, pemimpin setiap negara selalu melakukan itu.

"Di Belanda juga, semua banyak berjanji tapi masa depan tak ada yang tahu. Pemerintah hanya harus melakukan yang terbaik," ungkap Elly.

Lebih lanjut, Elly mengaku baru pertama kali datang ke Jakarta. Sebelumnya, dia hanya pernah ke Bali. Kendati demikian, dia dan saudaranya berencana mengelilingi Pulau Jawa seperti ke Jakarta, Bandung, dan Semarang. Elly berencana tinggal di Indonesia selama empat pekan.

"Kami ingin melihat banyak," ungkapnya.

Usut punya usut, ternyata Elly dan saudaranya memiliki ibu yang lahir di Semarang, Jawa Tengah. Oleh sebab itu, keduanya penasaran dengan tanah kelahiran perempuan yang melahirkan mereka.

Sebagai informasi, pemerintah menyediakan belasan panggung di sepanjang Jl. Sudirman sampai Thamrin sebagai tempat nobar prosesi pelantikan Prabowo-Gibran dan hiburan warga.

Prabowo dan Gibran sendiri mengucap sumpah jabatan dan menandatangani berita acara pelantikan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2014-2019 dalam Sidang Paripurna MPR-RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2024).

Prabowo mengawali pembacaan sumpah jabatannya. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucapnya.

Adapun Gibran mengucapkan sumpahnya sebagai Wapres RI. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baik dan seadil-adilnyanya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujarnya.

Dengan resmi menjabatnya Prabowo-Gibran, maka masa pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi berakhir.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper