Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelantikan Presiden dan Wapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 berlangsung pada hari ini Minggu, (20/10/2024).
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka tiba di Rumah Sakit Pusat Angkata Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10/2023). JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto- Gibran Rakabuming Raka tiba di Rumah Sakit Pusat Angkata Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10/2023). JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA — Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 berlangsung pada hari ini Minggu, (20/10/2024).

Rangkaian agenda pelantikan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres RI akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, yang dimulai dengan Pembukaan Sidang Paripurna.

Kemudian, dilanjut dengan pengucapan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI, lalu akan dilakukan penandatanganan dan pertukaran tempat duduk untuk Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Selanjutnya, Prabowo yang sudah resmi dilantik akan melakukan pidato pertamanya sebagai Presiden RI, di hadapan dewan. Kemudian Sidang Paripurna akan resmi ditutup sekitar pukul 11.30 WIB.

Pada saat pelantikan, pemerintah juga menyiapkan panggung hiburan bagi rakyat di sekitar kawasan Sudirman-Thamrin. 

Rencananya panggung hiburan tersebut akan dimulai pada pukul 11.00 WIB hingga ketibaan Presiden Prabowo Subianto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Adapun rangkaian kegiatan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan ditutup dengan jamuan santap malam kenegaraan oleh Presiden Prabowo Subianto. 

Sejumlah tamu negara baik pimpinan maupun utusan khusus akan hadir dalam acara santap malam tersebut.

Para tamu negara terlihat sudah mulai berdatangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) dan Bandara Halim Perdanakusuma sejak kemarin, Sabtu (19/10/2024).

Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan kepala negara dan setingkat kepala negara kurang lebih sekitar 33 yang terdiri dari negara Asean, negara sahabat, dan negara-negara mitra Asean sudah menyatakan diri untuk hadir.

"Tentu saja ini sebuah jumlah yang sangat besar, membanggakan, dan ini sebuah penghormatan yang amat besar bagi kita sebagai bangsa," ujarnya di Gedung Nusantara, Sabtu (19/10/1024).

Dirinya pun berharap Indonesia sebagai bangsa patut berbangga, lantaran dihormati oleh banyak negara sahabat, negara di sekitar hingga negara di kawasan ini.

Muzani pun mengupayakan Indonesia menjadi tuan rumah yang ramah, baik, menghormati setiap tamu dari manapun berada.

Selain itu, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan pihak Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presidennya Jusuf Kalla (JK) sudah mengonfrimasi kehadiran.

"Insyaallah Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Jenderal TNI Purnawirawan Try Soetrisno, Boediono, dan keluarga mantan presiden Abdurrahman Wahid, keluarga mantan Wakil Presiden Hamzah Haz juga akan hadir," ucapnya.

Dua mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga dipastikan akan menghadiri pengambilan sumpah atau pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

12:36 WIB
Prabowo meninggalkan Gedung DPR menuju Istana Merdeka

Presiden Prabowo Subianto beserta iring-iringan meninggalkan gedung MPR-RI menuju Istana Merdeka menggunakan mobil Maung Garuda berwarna putih.

12:00 WIB
Sidang MPR pelantikan Prabowo-Gibran resmi ditutup

Siang Paripurna MPR dengan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka secara resmi ditutup dengan pembacaan doa dari Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Iskandar.

"Ya Allah berikanlah Presiden dan wakil presiden baru kami ini kesehatan yang sempurna, berikanlah pada mereka umur yang panjang, berikanlah kepada mereka kemampuan untuk menyelematkan kedaulatan NKRI, berikanlah kepada mereka kekuatan untuk memberikan kesejahteraan dan kemakmuran kepada rakyat Indonesia..... ," demikian petikan doa KH Anwar Iskandar.

Setelahnya, Ketua MPR-RI Ahmad Muzani resmi menutup sidang paripurna MPR pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

"Kami atas nama pimpinan dan anggota MPR mengucapkan terima kasih dan penghargaan setingi-tingginya kepada pimpinan-pimpinan lembaga, para yang mulia kepala negara, serta utusan khusus negara sahabat, para duta besar...  pergi ke Glodok nonton barongsai mampir ke Pasar Baru beli kain gorden, tugas kami pimpinan MPR sudah selesai melantik pak Prabowo kini jadi Presiden," kata Muzani.

11:05 WIB
Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana sebagai Presiden RI

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, telah mengucapkan sumpah di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Adapun, pembacaan sumpah Prabowo dan Gibran di hadapan MPR tersebut sesuai dengan amanat Paragraf 2 Pasal 33-35 UU No. 13/2019 tentang Perubahan Ketiga atas UU No. 17/2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Setelah mengucapakan sumpah, seperti tradisi-tradisi sebelumnya, Presiden terpilih juga menyampaikan pidato perdana di hadapan MPR.

Saat ini Pidato Presiden Prabowo Subianto pada Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masih berlangsung.

10:40 WIB
Prabowo- Gibran sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah sah menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 setelah megucapkan sumpah di hadapan anggota MPR-RI pada Minggu 20 Oktober 2024.

Prabowo Ucapkan sumpah: “Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”

Gibran Rakabuming Raka: “Saya berjanji dengan sungguh-sungguh akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.”

Setelah mengucapkan sumpah jabatan, para pimpinan MPR menandatangani berkas berita acara penetapan Presiden dan Wakil Presiden periode 2025-2029.



10:26 WIB
Ahmad Muzani resmi membuka sidang MPR untuk melantik Prabowo-Gibran

Pukul 10.24 WIB, Ketua MPR Ahmad Muzani resmi membuka sidang paripurna MPR untuk melantik Prabowo Subianto dan Gibran Raka Buming Raka.

Sesuai dengan catatan daftar hadir yang disampaikan Setjen DPR, telah hadir 709 anggota MPR dari 731 anggota MPR, dengan demikian berasarkan ketentuan pasal 99 hurup C, peraturan tata tertib MPR, sidang telah memenuhi syarat untuk di buka dan kuorum telah tercapai.

"Dengan mengucap Bismillah.. Sidang Majlis Permusyawaran Rakyat secara resmi dibuka dan dinyatakan terbuka untuk umum," Kata Muzani.

09:49 WIB
Presiden Jokowi tiba di Gedung MPR-RI

Pukul 09.49 WIB, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Gedung MPR-RI dan langsung disambut Presiden terpilih Prabowo Subianto.

09:43 WIB
Wapres Ma'ruf Amin tiba di Gedung MPR-RI

Wapres Ma'ruf Amin tiba di Gedung MPR-RI di dampingi istri pada pukul 09.43. WIB, dan disambut langsung oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

09:31 WIB
Presiden Jokowi bertolak dari Istana Merdeka menuju MPR

Presiden Joko Widodo telah berangkat dari Istana Merdeka menuju tempat pelantikan Prabowo-Gibran di kompleks parlemen Jakarta Pusat pada pukul 90.30 WIB.

Jokowi berangkat menggunakan mobil kepresidenan dimpingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Kepala Negara bersama iring-iringan terbatas berangkat menuju Gedung DPR dengan dilepas oleh jajaran pegawai Istana yang mengibarkan bendera merah putih sembari bersorak.

09:05 WIB
Prabowo didampingi Didit Hediprasetyo berangkat ke Gedung MPR

Presiden Terpilih Prabowo Subianto telah berangkat menuju kompleks parlemen DPR/MPR RI untuk menjalani pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, Prabowo Subianto didampingi anaknya Hediprasetyo Djojohadikusumo atau Didit Hediprasetyo ke kompleks parlemen, Jakarta Pusat.

Prabowo mengenakan beskap betawi berwarna biru tua, sementara Didit mengenakan jas hitam.
Terlihat, posisi duduk Didit nampak berada disamping Prabowo atau di baris tengah mobil Alphard putih berplat dinas menteri pertahanan (Menhan).

Nampak, Prabowo juga menyapa sejumlah awak media menjelang keberangkatannya dari Kertanegara, Jakarta Selatan sekitar 08.55 WIB.

09:06 WIB
Gibran Tiba di MPR Kenakan Pakaian Adat Betawi

Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung MPR, Senayan, Jakarta mengenakan pakaian adat betawi.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, Gibran tiba bersama istrinya yakni Selvi Ananda yang mengenakan kebaya berwarna merah. Keduanya tiba tidak berbarengan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Gibran dan Selvi tiba di lobi Gedung MPR, Senayan, sekitar pukul 08.41 WIB. Dengan mengenakan pakaian ada betawai dan kopiah, anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu melenggang masuk dengan istrinya itu ke Gedung MPR.

08:32 WIB
SBY dan JK Tiba di Gedung DPR

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono telah sampai Gedung MPR. Presiden pertama yang dipilih langsung oleh rakyat itu tiba sebelum putranya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Setelah SBY, sekitar pukul 08.30, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla tiba. Pria yang akrab disapa JK itu merupakan wapres yang mendampingi Presiden ke-6 SBY dan Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi).

Kemudian, istri dan anak Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid, Shinta Nuriyah Wahid dan Yenny Wahid juga tampak hadir di Senayan.

08:30 WIB
Gibran Rakabuming Raka bertolak menuju DPR dari kawasan Menteng.

Pukul 08.30 WIB, mobil Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka meninggalkan kediaman di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat menuju acara pelantikan di DPR RI.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ibad Durrohman
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper