Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Wihaji, Mantan Bupati Batang yang Dipanggil Jadi Calon Menteri di Kabinet Prabowo

Wihaji merupakan cucu dari salah satu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo. Nama Wihaji mulai tersorot saat dirinya menjabat menjadi Bupati Batang.
Wihaji, Bupati Batang/Antara
Wihaji, Bupati Batang/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Bupati Batang, Wihaji dipanggil ke kediaman Prabowo, Senin (14/10/2024) untuk menyatakan kesediaannya menjadi menteri dalam kabinet

Prabowo-Gibran selama 5 tahun kedepan. Pemanggilan ini juga dilakukan bersama dengan 48 nama lainnya yang akan digandeng ke dalam kabinet Prabowo-Gibran 2024 - 2029. 

Profil Wihaji

Lahir pada 22 Agustus 1976, Wihaji merupakan cucu dari salah satu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo. Nama Wihaji mulai tersorot saat dirinya menjabat menjadi Bupati Batang, Jawa Tengah dari tahun 2017 hingga 2022. Dirinya memenangkan pilkada Batang pada tahun 2017 bersama dengan Suyono sebagai wakilnya.

Wihaji mengemban pendidikan dasarnya di SD Negeri Ngrombo 2 Plupuh Sragen dan pendidikan menengah pertamanya di MTsN Plupuh Sragen. Wihaji kemudian melanjutkan pendidikan menengah atasnya di kota Surakarta, tepatnya di MAN 01 Surakarta. 

Wihaji melanjutkan pendidikan tingginya di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga fakultas Tarbiyah untuk Pendidikan Agama Islam.

Kemudian, Wihaji melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Negeri Jakarta dengan fokus Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup sebelum akhirnya melanjutkan pendidikan S3 di universitas yang sama dengan fokus Manajemen Lingkungan. Selama kuliah, Wihaji aktif terlibat dalam berbagai organisasi kampus.

Perjalanan karir politik Wihaji dimulai sejak dirinya terpilih sebagai Staf Ahli Anggota DPR RI dari partai Golkar melalui daerah pemilihan Jawa Tengah IV. Dirinya juga pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal saat menjabat dalam kepengurusan DPP Partai Golkar.

Pada tahun 2014, Wihaji sempat gagal menduduki bangku legislatif di DPR RI karena kurangnya perolehan suara.

Namun, Wihaji tetap mencoba berbagai peruntungan hingga akhirnya tahun 2017 dirinya terpilih menjadi Bupati Kabupaten Batang, Jawa Tengah bersama dengan wakilnya, Suyono. Dalam pemilihan tersebut, Wihaji unggul 56,6% atau 245.181 suara mengalahkan calon lainnya.

Selama menjadi bupati, Wihaji telah berhasil menjadikan Kabupaten Batang sebagai Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang menarik investasi dari dalam dan luar negeri.

Kini, Wihaji menjadi salah satu perwakilan partai Golkar yang masuk ke dalam susunan kabinet Prabowo-Gibran 2024 - 2029. (Jesslyn Samantha Rumiris Lumbantobing)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper