Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satu Dekade Jokowi, Pengamat Ungkap Bukti Politik Dinasti Kian Brutal

Pengamat mengungkap bukti-bukti dinasti politik makin brutal selama satu dekade pemerintahan Presiden Jokowi, baik di eksekutif maupun legislatif.
Sejumlah anggota DPR, DPD, dan MPR mengikuti sidang paripurna pelantikan anggota periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Bisnis/Arief Hermawan P
Sejumlah anggota DPR, DPD, dan MPR mengikuti sidang paripurna pelantikan anggota periode 2024-2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs Indostrategic Ahmad Khoirul Umam menilai banyaknya politisi muda yang bermunculan di tingkat legislatif menunjukkan lancarnya politik dinasti dan oligarki lokal.

Menurutnya, saat ini dalam pelaksanaan politik terjadi proses rekonsilidasi dari kekuatan-kekuatan oligarki lokal yang makin terkonsolidasi. Misalnya, apabila dicermati banyak anak muda yang belum matang justru berpolitik bahkan sudah menjadi legislator.

“Banyak yang umurnya di bawah 30 sudah jadi legislator, kemarin dilantik. Kita akan hidup di bawah keputusan mereka, ada sekitar 87 orang yang umurnya di bawah 40 tahun dan 57 dari angka tersebut yang rasa-rasanya ter-connect secara kuat dengan basis kekuatan politik dinasti dan juga oligarki lokal,” ujarnya melalui Youtube INDEF dalam agenda Seminar Nasional-Evaluasi 1 Dekade Pemerintahan Jokowi, Kamis (3/10/2024).

Bahkan, dia mengatakan dari lembaga eksekutif pun praktek ini makin terlihat berjalan dengan baik. Salah satunya, dengan adanya dinasti politik yang terjadi di keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Waktu itu Bung Karno minta 10 pemuda, maka akan dia guncang dunia. Saat ini, Pak Jokowi sudah menyumbang tiga, ada mas Kaesang, mas Gibran, dan mas Bobby. Barangkali ada politisi lain yang mau menyumbang lagi,” pungkas Umam.

Berdasarkan Riset Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan jumlah calon anggota legislatif (caleg) berusia muda yang lolos ke DPR RI mencapai 87 orang atau sekitar 15% caleg berusia di bawah 40 tahun yang terpilih dari total kursi di DPR untuk periode 2024-2029 sebanyak 580 kursi.

Secara rinci, beberapa caleg muda yang lolos ke DPR RI pada Pileg 2024 memang erat dengan dinasti politik. Misalnya, Hillary Brigitta Lasut yang merupakan kader Demokrat yang berusia 27 tahun yang sebelumnya merupakan kader NasDem. Hillary pun merupakan putri tunggal Bupati Kepulauan Talaud periode 2019-2024, Elly Engelbert Lasut.

Kemudian, aktor Verrel Bramasta dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga berusia 27 tahun yang merupakan putra eks anggota DPR Venna Melinda.

Diah Pikatan Orissa Putri Haprani atau Pinka Haprani yang merupakan kader PDIP yang belum genap berusia 25 tahun yang juga putri dari Ketua DPR RI Puan Maharani.

Caleg muda lainnya yang lolos dari PAN ialah Putri Zulkifli Hasan. Saat ini dirinya berusia 35 tahun dan bertarung di dapil Lampung 1.

Lalu, Putri almarhum politikus Partai Gerindra Desmond J Mahesa, Annisa Maharani Alzahra Mahesa menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI termuda untuk periode 2024-2029 yang saat ini berusia 23 tahun.

Terakhir, anggota DPD RI Dapil Kalimantan Utara (Kaltara) 2024-2029, Larasati Moriska menjadi wakil rakyat termuda untuk lembaganya dengan usia 22 tahun. Merupakan anak dari Asni Hafid dan Nardi Azis.

Asni Hafid diketahui, seorang mantan Anggota DPD RI hasil Pemilu 2019. Sementara Nardi Azis sempat menjadi Ketua DPRD Kabupaten Nunukan periode 2009-2014.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper