Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Israel Serang Lebanon, Jokowi Minta Menlu Retno Segera Evakuasi WNI

Presiden Jokowi meminta Menlu Retno Marsudi segera mengevakuasi WNI di Lebanon.
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking  Magnum Resort Nusantara, IKN, Rabu (25/9/2024)/Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo saat groundbreaking Magnum Resort Nusantara, IKN, Rabu (25/9/2024)/Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada Menlu Retno Marsudi sehera memulangkan atau mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) akibat serangan udara Israel ke wilayah Lebanon.

Hal ini disampaikan olehnya usai melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Delonix Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (25/9/2024).

“Saya sudah telepon ke Bu Menlu, [pemulangan WNI] itu juga dalam proses,” katanya kepada wartawan.

Lebih lanjut, Kepala Negara menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia mengutuk keras serangan udara Israel terhadap Lebanon yang memakan banyak korban.

Jokowi mengajak semua negara termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merespons cepat untuk mencegah lebih banyak korban. 

“Indonesia mengutuk keras serangan Israel ke Lebanon dan kita mengajak semua negara dan juga PBB untuk memberikan respons yang cepat agar tidak semakin banyak korban lagi yang terjadi atas serangan-serangan Israel," pungkas Jokowi.

Serangan Israel sejak Senin pagi telah menewaskan 569 orang, termasuk 50 anak-anak, dan melukai 1.835 orang di Lebanon, Menteri Kesehatan Firass Abiad mengatakan kepada Al Jazeera Mubasher TV.

Serangan baru terhadap Hizbullah telah memicu kekhawatiran bahwa konflik yang telah berlangsung hampir setahun antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas di Gaza semakin meningkat dan dapat mengganggu stabilitas Timur Tengah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper