Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Pastikan Tangani Laporan Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang dan Bobby Nasution

KPK bakal menindaklanjuti dugaan gratifikasi berupa penggunaan jet pribadi yang melibatkan Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution.
Ketua KPK Sementara Nawawi Pomolango/Pemprov Jawa Tengah
Ketua KPK Sementara Nawawi Pomolango/Pemprov Jawa Tengah

Bisnis.com, BOGOR — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan menindaklanjuti informasi soal dugaan gratifikasi berupa jet pribadi yang melibatkan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep dan menantunya, Bobby Nasution

Pada acara diskusi media, Kamis (13/9/2024), Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango memastikan pihaknya bakal menangani pengaduan masyarakat yang masuk terhadap Kaesang. Di hadapan para pejabat struktural KPK, dia berpesan agar informasi dibuka kepada publik selama bisa dipertanggungjawabkan. 

"Kami ingin menekankan kembali bahwa penanganan persoalan, barang apa itu? [Jet pribadi]. Namanya saja saya bingung itu, apalagi naikinnya. Kita terus melakukan itu, memindahkannya kepada direktorat lain yg memang memiliki SOP dalam penanganan ini," ujarnya, dikutip Jumat (13/9/2024). 

Untuk diketahui, KPK telah menerima dua pengaduan masyarakat terkait dengan dugaan gratifikasi berupa jet pribadi yang digunakan Kaesang.

Awalnya, informasi yang beredar di publik soal penggunaan jet pribadi itu telah ditelaah oleh Direktorat Gratifikasi. Bahkan, direktorat itu disebut bakal meminta klarifikasi putra bungsu Jokowi itu. 

Namun, tidak lama setelah itu, KPK akhirnya memutuskan untuk mengalihkan penanganan dugaan gratifikasi itu melalui Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM).

Pimpinan KPK memutuskan Direktorat PLPM lebih memadai untuk menangani laporan soal Kaesang karena sudah ada dua laporan yang masuk ke direktorat tersebut. 

Pada perkembangan lain, KPK melalui Direktorat PLPM juga sedang menangani laporan soal penggunaan jet pribadi oleh Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution. Sebagaimana Kaesang, sudah ada pengaduan masyarakat yang masuk ke KPK terhadap Bobby. 

"Bukan berarti KPK tidak mempunyai kewenangan di dalam penanganan perkara ini. Jadi kita hanya mengalihkan penanganan kepada direktorat yang sudah memiliki SOP dalam penanganan ini. Bukan menghentikan soal penanganan ini," tutur Nawawi. 

Untuk diketahui, informasi soal penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan Bobby mencuat di media sosial. Informasi itu lalu ditindaklanjuti oleh KPK dengan melakukan penelaahan melalui Direktorat PLPM. 

Adapun, informasi soal penggunaan jet pribadi oleh Kaesang berawal dari penerbangannya ke Amerika Serikat (AS) menggunakan Jet Gulfstream G650ER, bersama istrinya yakni Erina Gudono. Penerbangan dengan private jet itu diunggah oleh Erina melalui akun Instagramnya. 

Unggahan media sosial itu memicu reaksi publik lantaran muncul di tengah aksi penolakan revisi UU Pilkada di DPR, yang saat itu ditengarai menguntungkan Kaesang. Ketua Umum PSI itu awalnya masuk ke bursa calon kepala daerah di Jawa Tengah dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper