Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaesang Sudah Muncul ke Publik, KPK Telaah Laporan Gratifikasi

KPK masih menelaah laporan masyarakat terkait dugaan gratifikasi putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep  hadir di DPP Kantor PAN, di Mampang, Jakarta Selatan, pada Rabu (14/8/2024)/Bisnis- essica Gabriela Soehandoko
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep hadir di DPP Kantor PAN, di Mampang, Jakarta Selatan, pada Rabu (14/8/2024)/Bisnis- essica Gabriela Soehandoko

Bisnis.com, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menelaah laporan masyarakat terkait dugaan gratifikasi putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Adapun Kaesang yang beberapa waktu lalu sempat tidak menampakkan batang hidungnya, sudah muncul ke publik. Dia bahkan tampil dalam podcast miliknya di kanal Youtube GK Hebat.

Juru Bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto menyebut ada dua pengaduan masyarakat yang disampaikan ke Direktorat PLPM KPK yakni dari Masyarakat Antikorupsi (MAKI) dan dosen UNJ Ubeidilah Badrun.

Namun dia mengungkapkan, KPK tidak bisa membuka informasi soal tahapan yang dilakukan pada Direktorat PLPM hingga tahap penyelidikan. 

"Sampai sejauh mana proses penyelidikan, apakah sudah sampai tahap penyelidikan atau naik kecuali memang sudah dikeluarkan surat perintah penyidikan maka baru sebagian informasi bisa dibagi kepada rekan-rekan jurnalis," ujarnya kepada wartawan, dikutip Rabu (11/9/2024).

Meski demikian, Tessa menyebut sampai dengan saat ini laporan terhadap Kaesang masih dalam tahap penelaahan. Tahapan yang sama juga berlaku pada laporan terhadap Wali Kota Medan sekaligus menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution. 

Untuk diketahui, KPK sebelumnya mengindikasikan bahwa terdapat pelaporan terhadap Bobby soal dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi. Sebelumnya, foto kepala daerah tersebut menggunakan jet pribadi tersebar di media sosial. 

Tessa menjelaskan, pihaknya nanti bisa mengundang pihak pelapor untuk meminta data pendukung atas laporan yang disampaikan. Dia pun tidak menutup kemungkinan para pihak terlapor juga akan dipanggil ke KPK untuk mengklarifikasi. 

"Masih berproses," kata juru bicara berlatar belakang penyidik itu.

Kaesang Muncul ke Publik

Seperti diketahui, dugaan gratifikasi Kaesang berupa penggunaan jet pribadi berangkat dari informasi yang beredar di media sosial. Informasi itu dibagikan oleh istri Kaesang, Erina Gudono melalui media sosial Instagram, ketika keduanya pergi menuju Amerika Serikat (AS).

Unggahan media sosial itu menyita perhatian publik lantaran muncul di tengah aksi penolakan revisi UU Pilkada. Saat itu, Kaesang diduga diuntungkan oleh batasan syarat usia calon kepala daerah lantaran masuk ke bursa calon kepala daerah di Jawa Tengah dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Setelah viral dan disoroti publik, Ketua Umum PSI itu sempat hilang dari radar. Dia dan istrinya berhenti mengunggah foto atau video di media sosial masing-masing. 

Kemudian, Kaesang muncul di kantor DPP PSI yang berlokasi di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2024). Lalu, beberapa hari setelahnya Kaesang muncul saat bermain mini soccer dengan kakaknya, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming. Dia muncul sebagaimana diunggah melalui akun Instagram PSI. 

Tidak hanya itu, Kaesang lalu muncul di siniar (podcast) melalui akun YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat. Video itu diunggah perdana, Jumat (6/9/2024). 

Adapun Sekjen PSI Raja Juli Antoni menyebut ketua umumnya itu sudah berada di Jakarta sejak 28 Agustus 2024. Pada hari itu, Kaesang disebut langsung bergabung ke DPP PSI untuk memimpin rapat rapat koordinasi finalisasi dukungan Pilkada dan menandatangani berkas-berkas rekomendasi. 

Menurut Raja Juli, Kaesang hampir setiap hari bertandang ke kantor PSI setelah 28 Agustus.

"Bila tidak keluar kota, sore atau malam setelah jam kantor, saya secara pribadi selalu bertemu dengan Mas Kaesang, berdiskusi tentang persiapan Pilkada 2024," tuturnya melalui keterangan tertulis. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper