Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meramu Juru Kampanye Pilkada: Ada Eks Jenderal, Aktris, hingga Pelawak

Pensiunan jenderal, aktris, penyanyi hingga pelawak mewarnai tim pemenangan kandidat calon kepala daerah di Pilkada 2024.
Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Pramono Anung (kanan) dan Rano Karno di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024). Bisnis/Arief Hermawan
Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Pramono Anung (kanan) dan Rano Karno di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (28/8/2024). Bisnis/Arief Hermawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kandidat calon kepala daerah mengeluarkan jurusnya satu persatu. Mereka mulai meramu, menyeleksi kemudian membentuk tim pemenangan di Pilkada 2024.

Ada banyak sosok yang terlibat di dalamnya, mulai pensiunan jenderal, purnawirawan polisi, pelawak hingga artis alias penghibur.

Pasangan Pramono Anung dan Rano Karno merupakan salah satu calon yang termasuk paling awal mengumumkan tim pemenangannya. Menariknya, Pramono-Rano tidak terlalu banyak melibatkan politkus tulen untuk bertarung memperebutkan kursi eksekutif di Jakarta. Mereka justru melibatkan pelawak, aktris, budayawan, hingga penyanyi top ibu kota. 

Sebut saja Lies Hartono. Ia memiliki nama panggung Cak Lontong. Cak Lontong adalah komedian. Aksinya kerap mengocok perut siapapun yang menontonnya. Pramono-Rano Karno kemudian mendapuk Cak Lontong sebagai Ketua Tim Sukses pasangan yang diusung PDIP tersebut. 

Selain Cak Lontong, Pramono-Rano Karno semula memasukan nama Maudy Koesnadi dan Cornelia Agatha. Maudy dan Cornelia adalah dua sosok aktris yang sudah populer pada dekade 1990-an. Namanya melejit ketika keduanya membintangi drama layar kaca Si Doel Anak Sekolahan. Doel adalah nama lain dari Kasdullah, sosok pemuda Betawi yang diperankan oleh Rano Karno. Maudy memerankan sosok Zaenab. Sedangkan Cornelia berperan sebagai Sarah. 

Namun demikian, belum sehari diumumkan, Pramono-Rano mencoret nama Maudy Koesnadi dari daftar tim sukses. Alasannya karena Maudy tinggal di Bali dan memilih untuk merawat suaminya yang baru saja mengalami kecelakaan.

"Kalau diminta aspirasi seni budaya dan pekerja kreatif Insyaallah siap. Pahamnya soal itu enggak paham politik," ujar Maudy dalam akun media sosialnya.

Sahroni di TIM RK-Suswono

Sementara itu, Koalisi Indonesia Maju alias KIM Plus menunjuk Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad sahroni ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta nanti.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Dasco Sufmi Ahmad tidak menjelaskan lebih rinci mengenai alasan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus menunjuk Ahmad Sahroni jadi Ketua Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta nanti.

"Gabungan Partai Koalisi dari KIM Plus telah menunjuk Ahmad Sahroni menjadi ketua tim pemenangan RK-Suswono di DKI Jakarta," tuturnya di Jakarta, Minggu (8/9/2024).

Berdasarkan catatan Bisnis, bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengaku kebingungan untuk menentukan nama-nama tim sukses dan pemenangan di Pilkada Jakarta 2024.  

Pria yang ingin dipanggil Bang Emil tersebut mengatakan bahwa partai koalisi yang kini bergabung dengan dirinya cukup besar dan hal tersebut membuat dirinya bingung untuk memilih nama tim pemenangan di Pilkada Jakarta nanti. 

Selain itu, nama-nama yang masuk ke tim pemenangan juga harus diterima Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus, tidak bisa ditentukan sendiri oleh dirinya. 

"Jadi karena kita koalisinya agak besar jadi spek yang dicari itu yang diterima kan oleh koalisi yang besar, sehingga kelihatannya hanya internal saja," tuturnya di Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Prabowo Tunjuk Teman Andika 

Adapun Presiden terpilih Prabowo Subianto menugaskan mantan Komandan Pendidikan dan Pelatihan (Kodiklat) TNI Letnan Jenderal (Letjen) TNI AM Putranto menjadi Ketua TIM Pemenangan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju alias KIM Plus, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen.

AM Putranto akan memimpin tim tersebut menghadapi pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi yang diusung oleh PDI Perjuangan alias PDIP. Andika dan AM Putranto merupakan pensiunan TNI AD. Keduanya sama-sama lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Akabri (sekarang Akmil) tahun 1987.

"Saya ditugasi Pak Prabowo untuk membantu memenangkan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen," kata AM Putranto dilansir dari Antara, Sabtu (7/9/2024).

Menurut dia, pasangan Luthfi-Taj Yasin didukung oleh gabungan 15 partai politik dalam menghadapi Pilgub 2024.

"Ada 15 partai yang mendukung. Tanpa tim yang solid akan sia-sia," tambahnya.

Dalam susunan Tim Pemenangan Pasangan Luthfi-Taj Yasin terdapat sejumlah nama purnawirawan yang merupakan mantan petinggi TNI dan Polri.

Beberapa nama yang duduk di jajaran dewan pembina antara lain mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman, mantan Gubernur Jawa Tengah Letjen TNI (Purn) Bibit Waluyo, mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Sutarman, hingga mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Ari Dono Sukmanto

Sementara bakal Calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi meminta para pendukung dan relawan melakukan cara-cara baik dalam meraih kemenangan.

"Kita semua ingin menang, tetapi lakukan dengan tidak memfitnah, tidak menyerang," katanya.

Ia menegaskan kemenangan dalam Pilkada 2024 ini harus diraih dengan norma dan kaidah demokrasi yang santun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper