Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jusuf Kalla Imbau Seluruh Masyarakat Sambut Kedatangan Paus Fransiskus

Jusuf Kalla (JK) meminta seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk menghormati dan menyambut kedatangan Paus Fransiskus dengan suka cita.
Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla (JK) mengikuti malam takziyah atas meninggalnya tokoh pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh. Dok Istimewa
Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla (JK) mengikuti malam takziyah atas meninggalnya tokoh pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh. Dok Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla meminta seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk menghormati dan menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Tanah Air. 

Menurutnya, kedatangan Paus Fransiskus merupakan sebuah kehormatan bagi rakyat Indonesia.

"Tentu kedatangan Paus Fransiskus itu suatu kehormatan kita semua untuk menerima dengan baik," tutur pria yang akrab disapa JK ini dikutip dari Antara, Selasa (3/9/2024). 

Meski jumlah penduduk Katolik tidak terlalu besar di Indonesia, JK mengatakan tidak menjadi alasan bagi Indonesia untuk tidak menghormati Paus Fransiskus.

Pasalnya, kata dia, masyarakat Indonesia harus tetap toleran dan menghargai kedatangan Pemimpin Gereja Katolik Dunia itu.

"Indonesia sebagai negara meskipun penduduk Katolik-nya tidak terlalu besar, harus tetap toleran menyambut kedatangannya, siapa pun dia," tegas Juru runding perdamaian Poso, Ambon dan Aceh tersebut.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini menilai kedatangan Paus akan berdampak positif terhadap bangsa Indonesia. Sebab, akan lebih mempererat hubungan antar agama dan perdamaian.

"Paus itu selalu mendorong perdamaian," ujar JK.

Paus Fransiskus akan mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia tanggal 3-6 September 2024. Tak hanya Bali, kunjungan pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia dan Kepala Negara Vatikan ini disambut baik, khususnya oleh umat Katolik di Indonesia.

Paus Fransiskus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Selasa, 3 September 2024 pukul 11.30 WIB. Kemudian, Rabu, 4 September 2024, Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Di hari yang sama, Paus Fransiskus juga diagendakan bertemu dengan para pejabat pemerintahan, korps diplomatik, tokoh masyarakat dan masyarakat sipil di Aula Istana Negara.

Menjelang siang hari sekitar pukul 11.30 WIB, Paus melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Kemudian, pukul 16.30 WIB, Paus dijadwalkan bertemu para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris, dan katekis di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta.

Pada sore hari pukul 17.35 WIB, Paus Fransiskus akan berjumpa dengan kaum muda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper