Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Gempa Yogyakarta: 10 Rumah Warga dan 1 Pasar Rusak

10 rumah warga dan 1 pasar rusak akibat gempa Jogjakarta hari ini
ilustrasi dampak gempa / Freepik
ilustrasi dampak gempa / Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - BPBD DIY melaporkan dampak gempa Yogyakarta magnitudo 5,8 malam ini berdampak pada kerusakan sejumlah bangunan. Data sementara dilaporkan 10 rumah warga dan satu pasar rusak.

Dilansir dari Harianjogja, Kabid PD dan Damkarmat BPBD DIY Edhy Hartana menjelaskan hingga Pukul 21:25 WIB gempa berkekuatan 5.8 SR pukul 19:57:42 WIB yang berpusat di 95 km Barat Daya Gunungkidul berdampak dan dirasakan di daerah DIY.

"Berdasarkan informasi tersebut, maka kami tindak lanjut ke BPBD Kabupaten/Kota, warga masyarakat, Komunitas relawan dan instansi lainnya terkait dampak gempa di DIY," katanya.

Di Gunungkidul, dilaporkan sebanyak 8 unit rumah warga rusak terutama di wilayah Nglipar, Semanu. Di Sentolo, Kulonprogo satu unit rumah juga dilaporkan rusak akibat gempa. Begitu juga di Pandak Bantul dilaporkan satu unit rumah rusak. "Di Sleman satu pasar rusak (1 titik), itu di Pasar Prambanan," katanya.

Jumlah kerusakan akibat gempa Jogja kemungkinan bisa bertambah. Pasalnya hingga saat ini, seluruh BPBD di kabupaten/kota se DIY terus melakukan pemutakhiran data dampak gempa. "Untuk kota Jogja masih pengumpulan data," katanya.

Terpisah, Berdasarkan laporan dari BPBD Sleman, genting di lantai 4 Pasar Prambanan jatuh akibat gempa yang melanda Jogja. Material genting yang jatuh berserakan baik di lantai 1, 2 dan lantai 4 pasar tersebut. "Tidak ada korban jiwa karena kondisi pasar sepi dari aktivitas perdagangan," kata Kepala BPBD Sleman, Makwan.

Dia menghimbau agar masyarakat tetap tenang karena situasi saat ini masih kondusif. "Tetap tenang, jangan panik, aman dan terkendali," katanya.

Sementara itu, sejumlah genting di Pasar Induk Prambanan berjatuhan saat terjadi gempa di Jogja, Senin (26/8/2024) malam. Akibatnya, sebagian atap di lantai 4 terlihat bolong.

Berdasarkan laporan dari BPBD Sleman, genting yang jatuh akibat gempa yang melanda Jogja berada di lantai 4. Material genting yang jatuh berserakan baik di lantai 1, 2 dan lantai 4 pasar tersebut. "Tidak ada korban jiwa karena kondisi pasar sepi dari aktivitas perdagangan," kata Kepala BPBD Sleman, Makwan.

Gempa Jogja yang terjadi sekitar pukul 20.00 WIB berkekuatan Magnitudo 5,8 (laporan awal 5,6 magnitudo) dengan kedalaman 30 km (sebelumnya dilaporkan 10 km).

Adapun pusat gempa berada di laut 95 km barat daya Gunungkidul. Getaran gempa dirasakan di wilayah (Skala MMI) III Karangkates, II Nganjuk, II Malang, III-IV hingga Sleman.

BMKG menyarankan agar masyarakat berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Gempa Susulan

Gempa susulan masih terjadi di Jogja usai gempa utama M5,8 sekitar pukul 20.00 WIB. Berdasarkan data BMKG hingga 60 menit terakhir, tercatat lebih dari 20 kali.

Masyarakat diimbau waspada seraya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisis tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper