Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Bakal Usung Anies di Pilkada Jakarta? Begini Jawaban Hasto

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto angkat bicara terkait kemungkinan mengusung Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto usai melaksanakan upacara HUT ke-79 RI di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024). JIBI/Anshary Madya Sukma
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto usai melaksanakan upacara HUT ke-79 RI di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2024). JIBI/Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA — Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya kini bisa mengajukan calon sendiri di Pilkada Jakarta 2024 berkat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No.60/PUU-XXII/2024. Namun, dia masih enggan mengungkap siapa bakal calon kepala daerah yang akan diberikan rekomendasi oleh PDIP. 

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu sebelumnya diisukan bakal mengusung Anies Baswedan, mantan Gubernur Jakarta 2017-2022. Namun, Hasto belum ingin mengungkap apabila partainya akan mengusung Anies. 

"Tunggu tanggal mainnya," kata Hasto saat ditanya apabila PDIP akan mengusung Anies di Pilkada Jakarta, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (20/8/2024). 

Hasto lalu mengungkap, partainya akan menindaklanjuti potensi mengusung Anies dengan menjalin komunikasi. Menurutnya, elite PDIP sudah melakukan komunikasi dengan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Akan lebih lanjut dilakukan komunikasi. Bahkan kemarin Pak Basarah [Ketua DPP PDIP] juga sudah melakukan komunikasi," ungkapnya. 

Adapun, Hasto menyampaikan bahwa partainya akan melihat aspirasi rakyat usai putusan MK yang dinilainya memberikan angin segar itu. Partai pun disebut akan melakukan berbagai dialog jelang periode pendaftaran yang akan dibuka pada 27 hingga 29 Agustus mendatang. 

Sebelumnya, terdapat usulan untuk memasangkan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan mantan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk Pilkada Jakarta 2024. Hasto pun mengaku partainya akan mencermati setiap pemimpin yang mendapatkan apresiasi dari rakyat. 

Meski demikian, dia enggan mengungkap apabila partainya akan mengusung Anies, yang notabene bukan kader PDIP, sebagai bakal calon gubernur di Jakarta. 

"Tunggu tanggal mainnya," ujar Hasto. 

Untuk diketahui, sinyal dukungan PDIP untuk Anies bukan hal baru. Anies dan sejumlah elite PDIP bahkan sudah pernah saling berinteraksi meski tidak secara langsung. 

Misalnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani turut menanggapi peluang partainya mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.

Puan tidak banyak bicara soal peluang tersebut. Meski demikian, ketua DPR ini mengaku tertarik dengan wacana dukung Anies untuk kembali memimpin Jakarta.

"Menarik juga Pak Anies," ujar Puan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Di sisi lain, tiga partai yang sebelumnya mensinyalkan hingga mendeklarasikan dukungan ke Anies di Pilkada Jakarta belum lama ini telah merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung bakal pasangan Ridwan Kamil–Suswono. Tiga partai itu yakni Nasdem, PKS dan PKB. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper