Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Lantik Eks Jubir Kampanye Prabowo-Gibran Jadi Kepala Kantor Komunikasi Presiden

Presiden Jokowi melantik mantan Jubir TKN Prabowo-Gibran, Hasan Nasbi, menjadi Kepala Kantor Komunikasi Presiden.
Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi memberi keterangan saat tiba Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati
Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi memberi keterangan saat tiba Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat mantan juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Hasan Nasbi menjadi Kepala Kantor Komunikasi Presiden usai perombakan kabinet (reshuffle) yang digelar Senin (19/8/2024).

Pengangkatan dan pelantikan Hasan Nasbi di jabatan baru yang dibentuk Jokowi itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang dibacakan di Istana Kepresidenan pagi ini. 

Hasan Nasbi akan menjadi orang pertama yang menduduki jabatan tersebut, usai dibentuknya Peraturan Presiden (Perpres) No.82/2024 tentang Kantor Komunikasi Presiden pada 15 Agustus 2024. 

"Memutuskan, menetapkan dan seterusnya. Kesatu, mengangkat masing-masing, Saudara Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan," demikian bunyi Keppres yang dibacakan Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (19/8/2024). 

Setelah pembacaan Keppres itu, Presiden Jokowi langsung melantik Hasan dan memimpin pembacaan sumpah jabatan. Pembacaan sumpah jabatan itu dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat tinggi negara lainnya. 

Hasan, dan dua pejabat negara lainnya yang dilantik yaitu Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana serta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Taruna Ikrar, membacakan sumpah untuk setia kepada Undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia 1945 serta menjalankan peraturan perundanng-undangan dengan selurus-lurusnya. 

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar ketiga pejabat tersebut mengikuti teks yang dibacakan Jokowi. 

Kabar mengenai perombakan kabinet Presiden Jokowi jelang selesai masa jabatannya di 20 Oktober itu telah dikonfirmasi oleh pihak Istana Kepresidenan. 

Selain Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Jokowi juga melantik Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, serta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

“Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif,” kata Ari.

Berikut daftar menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang dilantik pada hari ini Senin (19/8/2024)

  1. Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM
  2. Supratman Andi Agtas jadi Menkumham
  3. Rosan Roeslani jadi Menteri Investasi/Kepala BKPM
  4. Dadan Hindayana jadi Kepala Badan Gizi
  5. Hasan Nasbi jadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan
  6. Angga Raka Prabowo Jadi Wamenkominfo
  7. Taruna Ikrar jadi Kepala BPOM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper