Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kena Reshuffle, Yasonna Laoly Cerita Detik-Detik Sebelum Dicopot dari Menkumham

Menkumham Yasonna Laoly mengaku sempat bertemu dengan Presiden Jokowi sebelum kena reshuffle kabinet pada hari ini, Senin (19/8/2024).
Menkumham Yassona Laoly saat memimpin Upacara Hari Pengayoman ke-79 di Kantor Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta, Senin (19/8/2024) - BISNIS/Alifian Asmaaysi.
Menkumham Yassona Laoly saat memimpin Upacara Hari Pengayoman ke-79 di Kantor Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta, Senin (19/8/2024) - BISNIS/Alifian Asmaaysi.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly mengaku sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehari sebelum jadwal reshuffle kabinet yang akan jatuh pada hari ini, Senin (19/8/2024).

Dia menjelaskan, dalam pertemuannya tersebut dirinya mengucapkan rasa terima kasihnya karena telah diberi amanah untuk menjabat sebagai Menkumham selama 10 tahun kurang 2 bulan.

"Kemarin Maghrib sesudah solat Maghrib saya bertemu Presiden Jokowi, beliau panggil saya dan saya sampaikan seusai beliau pulang dari IKN saya sampaikan pada beliau, bapak Presiden terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan pada saya," kata Yasonna dalam Upacara Hari Pengayoman ke-79 Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta, Senin (19/8/2024).

Dia lantas menjelaskan proses rotasi jabatan tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi. Dia juga menegaskan keputusan reshuffle kabinet merupakan hak penuh Presiden Jokowi.

Pada pertemuan tersebut, Yassona mengaku sempat memohon kesediaan Presiden Jokowi untuk mempersilakannya memimpin Upacara di hari Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM ke-79 yang bertepatan jatuh pada hari ini.

"Kemarin saya laporkan Pak Presiden besok pengayoman jam 8.00 WIB, pelantikan jam 9.30 WIB itu kesempatan saya masih memimpin upacara maka saya memimpin," ujarnya.

Kemudian, Yassona juga memberikan tanggapannya usai direshuffle pada hari ini. Dia menegaskan bahwa dirinya sudah sangat siap melepas jabatan yang digenggamnya selama 10 tahun belakangan tersebut.

"Gak ada kesedihan, tertawa saja karena hidup harus disikapi dengan hati yang riang, jabatan adalah amanah kewenangan reshuffle adalah sepenuhnya kewenangan Presiden RI," pungkasnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi secara resmi melakukan perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju pada Senin (19/8/2024) di Istana Negara, Jakarta. 

Ada tiga orang baru yang dilantik sebagai menteri, yaitu Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rosan P. Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, dan Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkhumham). 

Daftar menteri, wakil menteri, dan kepala badan yang dilantik pada hari ini Senin (19/8/2024). 

1. Bahlil Lahadalia jadi Menteri ESDM

2. Supratman Andi Agtas jadi Menkumham RI

3. Rosan Roeslani jadi Menteri Investasi

4. Dadan Hindayana jadi Kepala Badan Gizi

5. Hasan Nasbi jadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan

6. Angga Raka Prabowo Jadi Wamenkominfo

7. Taruna Ikrar jadi Kepala BPOM. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper