Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siti Nurbaya 'Selamat' dari Reshuffle Kabinet, Efek Surya Paloh Gabung Koalisi Prabowo?

Menteri LKH Siti Nurbaya Bakar selamat dari reshuffle kabinet yang dilakukan Jokowi. Benarkah efek Surya Paloh gabung KIM?
Dany Saputra, Feni Freycinetia Fitriani
Senin, 19 Agustus 2024 | 09:33
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan pada Kamis sore (15/8/2024). JIBI/ Sholahuddin Al Ayyubi
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Jakarta Selatan pada Kamis sore (15/8/2024). JIBI/ Sholahuddin Al Ayyubi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar akhirnya 'selamat' dari perombakan atau reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Senin (19/8/2024). Benarkah akibat efek Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang dipimpin Prabowo Subianto?

Berdasarkan informasi yang diterima Bisnis, nama Siti Nurbaya awalnya masuk ke dalam daftar reshuffle menteri kabinet. Dari pesan singkat yang tersebar, posisi Siti Nurbaya akan digantikan oleh Raja Juli Antoni. Sebagai informasi, Raja Juli Antoni saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri ATR/BPN. 

Namun, nama-nama daftar reshuffle menteri yang akan diumumkan Jokowi di Istana pada hari ini, Senin (19/8/2024) mendadak berubah. Nama Siti Nurbaya Bakar hilang dari daftar menteri yang kena reshuffle kabinet. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa pada pukul 09.30 WIB, orang nomor satu di Indonesia itu diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara, Jakarta.

Dia melanjutkan Menteri dan Kepala Badan yg akan dilantik Presiden adalah Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi, tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif,” kata Ari dalam keterangan resmi, Senin (19/8/2024). 

Senada, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) mengamini bahwa Kepala Negara bakal merombak banyak tokoh di kabinetnya.

Mulai dari Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Invetasi, Wamen Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, dan Kepala BPOM di Istana Negara.

"Para Menteri terkait diundang dan keluarga diundang untuk hadir,” ucap Yusuf.

Surya Paloh Gabung Koalisi Prabowo 

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengungkapkan Partai NasDem bakal bergabung dengan pemerintahannya. Hal tersebut disampaikan Prabowo setelah dikunjungi oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di kediaman pribadi Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara Jakarta Selatan pada hari ini Kamis 15 Agustus 2024.

Prabowo berpandangan meskipun ketika Pilpres 2024 kemarin dirinya tidak sejalan dengan Nasdem, namun menurut Prabowo saat ini waktunya untuk bekerja sama membangun Indonesia agar lebih baik di kemudian hari.

"Kami sudah sepakat untuk kolaborasi dan saya menyambut baik bersedianya Nasdem untuk bergabung dengan kami di pemerintahan," tuturnya.

Setelah bertemu Prabowo, Presiden Jokowi memberikan Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan kepada 64 tokoh bangsa atas kontribusi mereka dalam berbagai bidang selama masa pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

Dalam kesempatan tersebut, Pendiri Media Group sekaligus Ketum Nasdem Surya Paloh meraih Medali Kepeloporan atau penghargaan tertinggi dari Jokowi. 

Pemberian penghargaan ini merupakan rangkaian dari Hari Kemerdekaan Ke-79 RI. Sejumlah tokoh yang menerima pengharfgaan ini yakni berasal dari kalangan menteri dan wakil menteri KIM, pejabat lembaga tinggi negara, pejabat pimpinan lembaga pemerintah dan non-kementerian, pejabat TNI dan Polri, WNI dengan latar belakang profesi, dan budayawan.

Tak lama setelah mendapat penghargaan, hubungan Jokowi dan Surya Paloh kian mesra saat meninjau pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurut pantauan Bisnis, kedua tokoh itu terlihat menaiki buggy car untuk melihat secara langsung proses pembangunan Ibu Kota di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu. Salah satu, fasilitas yang ditinjau adalah Plaza Ceremony yang berada di depan Istana Negara.

Keduanya pun terlihat duduk bersebelahan di bangku belakang dan disetir oleh ajudan Presiden Kompol Syarif Muhammad Fitriansyah. Terlihat Jokowi mengenakan kaos lengan panjang berwarna putih. Sedangkan Surya menggunakan baju hitam.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper