Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Supratman Andi Agtas, Eks Ketua Baleg dari Gerindra Gantikan Yasonna Jadi Menkumham

Berikut profil singkat politisi Partai Gerindra Supratman Andi Agtas akan dilantik sebagai Menkumham menggantikan Yasonna Laoly.
Supratman Andi Agtas resmi dilantik sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) di Istana Kepresidenan, Senin (19/8/2024). Dok Setpres RI
Supratman Andi Agtas resmi dilantik sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) di Istana Kepresidenan, Senin (19/8/2024). Dok Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA -- Politisi Partai Gerindra Supratman Andi Agtas resmi dilantik sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) pada sisa periode pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Supratman menggantikan Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Yasonna H. Laoly.

Bersama Bahlil Lahadalia dan Rosan P. Roeslani, Supratman membacakan sumpah jabatan yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi dan menter-menteri Kabinet Indonesia Maju. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan dikutip Senin (19/8/2024). 

Kabar mengenai perombakan kabinet Presiden Jokowi jelang selesai masa jabatannya di 20 Oktober itu telah dikonfirmasi oleh pihak Istana Kepresidenan. Kendati tidak menyebut nama Supratman, pihak Istana mengonfirmasi posisi Menkumham merupakan salah satu yang digeser. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa pada pukul 09.30 WIB, orang nomor satu di Indonesia itu diagendakan akan melantik beberapa Menteri, Wakil Menteri dan beberapa Kepala Badan di Istana Negara.

Dia melanjutkan Menteri dan Kepala Badan yg akan dilantik Presiden adalah Menkumham, Menteri ESDM, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan serta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

“Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif,” kata Ari.

Profil Supratman Andi Agtas

Supratman merupakan anggota DPR Fraksi Partai Gerindra, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Badan Legislasi (Baleg). Jabatan itu belum lama ini ditinggalkannya, sebelum dikabarkan menggeser Yasonna Laoly dari posisi Menkumham. 

Supratman merupakan politisi asal Sulawesi Tengah kelahiran 28 September 1969. Riwayat pendidikannya terakhir yakni S3 Ilmu Hukum di Universitas Muslim Indonesia, Makassar, pada 2016. 

Dilansir dari situs resmi Fraksi Gerindra di DPR, Supratman resmi menjabat sebagai Ketua Baleg sebanyak dua kali. Pria berlatar belakang akademisi itu pun aktif dalam penyusunan sejumlah undang-undang di DPR. 

Misalnya, dia menjabat sebagai Ketua Panja Revisi UU MD3 pada 2016. Kemudian, dia juga menjabat sebagai anggota Panja RUU Migas, Pansus Hak Angket KPK, Pansus RUU Pemilu, Pansus RUU Siber serta Pansus Pemindahan Ibu Kota Negara. 

Kariernya di DPR bermula saat menjabat sebagai anggota legislatif pada periode 2014-2019. Dia melanjutkan jabatannya itu pada periode terakhir yakni 2019-2024.

Selain menjadi anggota DPR, Supratman turut memiliki sederet pekerjaan di luar bidang politik. Contohnya, pengacara, dosen, komisaris di PT Citra Nuansa Elok serta Direktur Utama di Perusahaan Daerah (Perusda) Palu. 

Pria itu juga pernah menduduki sejumlah jabatan di organisasi seperti Real Eastate Indonesia (REI) Sulawesi Tengah, Asosiasi Pertambangan Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tengah. 

Adapun, Supratman bukan satu-satunya pejabat yang akan dilantik hari ini pada reshuffle kabinet Presiden Jokowi. Bahlil Lahadalia akan dilantik sebagai Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif; Rosan Roeslani akan dilantik sebagai Menteri Investasi menggantikan Bahlil; serta Hasan Nasbi diangkat menjadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Jokowi juga akan mengangkat tambahan Wakil Menteri Kominfo, Kepala Badan Gizi Nasional serta melantik Kepala BPOM. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper