Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Doa dan Dzikir setelah Sholat Tahajud

Berikut bacaan doa yang dibaca setelah selesai menunaikan ibadah sholat Tahajud.
Bacaan doa setelah sholat tahajud di malam hari./Bisnis.com
Bacaan doa setelah sholat tahajud di malam hari./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah menunaikan sholat tahajud, membaca doa adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk memohon kepada Allah SWT. Bacaan doa setelah sholat tahajud memiliki makna mendalam dan berisi permohonan ampunan serta petunjuk dari Allah.

Dengan melafalkan doa-doa ini, diharapkan segala hajat dan keinginan dapat terkabul. Dalam artikel ini telah dirangkum bacaan doa setelah sholat tahajud lengkap dengan teks Arab, latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan Anda dalam mengamalkannya

Sholat Tahajud merupakan salat sunnah yang bisa dikerjakan oleh umat muslim ketika ingin meminta sesuatu. Ibadah sunnah ini merupakan ibadah yang tidak pernah ditinggalkan Nabi Muhammad SAW.

Barang siapa yang rutin menunaikan ibadah sholat tahajud, maka Allah SWT akan memudahkan segala urusan hidupnya, dijauhkan dari kesengsaraan, kesulitan hidup, serta dimuliakan hidupnya.

Tahajud berasal dari kata kerja ‘tahajjada’ yang berarti tetap terjaga di malam hari, berjaga malam. Ash Syafi’i menyatakan bahwa sholat di malam hari, baik sebelum tidur atau sesudah tidur dan sholat witir disebut sholat tahajud.

Tata cara sholat tahajud bisa dengan dua rakaat dan satu witir paling minimal, atau delapan sampai sepuluh rakaat dan diikuti dengan rakaat ganjil untuk sholat witir. 

Doa setelah Sholat Tahajud

Setelah salam atau selesai seluruh shalat, dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat tahajud. Adapun bacaan doanya yang dikutip dari situs resmi MUI yakni:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Latin: "Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa‘atu haqq."

"Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah."

Artinya: "Ya Allah, Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Tata Cara Sholat Tahajud

Bacaan dan tata cara sholat tahajud yang dilansir dari islam.nu.or.id

  • Mengucapkan niat sholat tahajud

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Latin: "Ushallî sunnatat tahajjudi rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ."

Artinya: “Aku menyengaja shalat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah ta’ala.”

  • Niat dalam hati bersamaan takbîratul ihrâm
  • Setelah niat, lakukan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga sambil mengucapkan "Allahu Akbar"
  • Dilanjutkan dengan membaca doa iftitah sebagai pembuka sholat
  • Setelah doa iftitah, bacalah Surat Al-Fatihah
  • Setelah Al-Fatihah, baca salah satu surat pendek atau panjang dalam Al-Quran. Misalnya, Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas
  • Rukuk, setelah membaca surat, lakukan rukuk dengan membaca "Subhaana rabbiyal 'aziim" sebanyak tiga kali
  • I'tidal, bangkit dari rukuk dan baca "Sami'allaahu liman hamidah, rabbanaa lakal hamd"
  • Sujud, lakukan sujud dengan membaca "Subhaana rabbiyal a'la" tiga kali
  • Duduk di antara Dua Sujud, duduk sejenak sambil membaca "Rabbighfir li warhamni wajburni warfa'ni wahdini wa 'afini warzuqni"
  • Sujud kedua, lakukan sujud kedua seperti sujud pertama
  • Membaca tahiyat akhir, setelah rakaat kedua, duduk tasyahud akhir sambil membaca doa tahiyat dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW
  • Salam, akhiri sholat dengan mengucapkan salam ke kanan dan kiri sambil menolehkan kepala

Sholat Tahajud bisa dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 11 rakaat, diikuti dengan sholat witir sebagai penutup.

Waktu dan Keabsahan Sholat Tahajud

Shalat Tahajud adalah ibadah yang dilakukan di malam hari setelah bangun tidur. Terkait dengan jumlah rakaat yang disarankan, pandangan dari ulama fiqih memberikan fleksibilitas yang berharga.

Jumlah minimal yang direkomendasikan adalah dua rakaat, yang membuat ibadah ini dapat diakses oleh banyak orang dengan mudah. Namun, yang patut diperhatikan adalah bahwa tidak ada batas maksimal yang mengikat. 

Anda memiliki kebebasan untuk memperpanjang dan mendalami ibadah ini sejauh yang Anda inginkan. Dalam kesederhanaan dan kedalaman Shalat Tahajud, kita dapat merasakan kedekatan dengan Sang Pencipta.

Demikian bacaan doa setelah sholat tahajud yang bisa Anda amalkan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper