Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sadis, Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Tewas Dirudal Israel

Penyebab Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh tewas diduga terkena langsung peluru kendali (rudal) Israel di kediamannya di Teheran, Iran.
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, menyampaikan pidato dihadapan pendukungnya, belum lama ini.  Ismail Haniyeh tewas dibunuh Israel di Teheran, Iran dalam serangan pada Rabu (31/7/2024) pagi. Reuters/Mohammed Salem
Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, menyampaikan pidato dihadapan pendukungnya, belum lama ini. Ismail Haniyeh tewas dibunuh Israel di Teheran, Iran dalam serangan pada Rabu (31/7/2024) pagi. Reuters/Mohammed Salem

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebab Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh tewas diduga dirudal Israel di kediamannya di Teheran, Iran.

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan bahwa saat ini sedang menyelidiki ihwal pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Sebelumnya, IRGC Iran dan Hamas dalam pernyataan terpisah melaporkan bahwa Haniyeh terbunuh dalam serangan Israel bersama salah satu pengawalnya.

"Kediaman Ismail Haniyeh, kepala kantor politik Perlawanan Islam Hamas, diserang di Teheran, dan akibat insiden ini, dia dan salah satu pengawalnya tewas," kata IRGC Iran, dilansir Al-Jazeera, pada Rabu (31/7/2024). 

Sementara itu, juru bicara senior Hamas Sami Abu Zuhri menggambarkan pembunuhan Ismail Haniyeh sebagai eskalasi serius. 

Zuhri juga menegaskan bahwa Hamas akan melancarkan perang terbuka untuk membebaskan Yerusalem dan Hamas siap membayar berbagai harga untuk melakukannya. 

Seperti diketahui, Ismail Haniyeh merupakan politikus Palestina dan pemimpin Hamas yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Otoritas Palestina (PA) pada 2006-2007.

Haniyeh menjabat sebagai pemimpin pemerintahan de facto di Jalur Gaza pada 2007 sampai 2014. Kemudian dia dipilih untuk menggantikan Khaled Meshaal sebagai kepala biro politik Hamas, pada 2017.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper