Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKB & PDIP Siapkan Sederet Menteri Jokowi Lawan Khofifah di Pilkada Jatim

PKB dan PDIP menyiapkan sederet menteri pemerintahan Presiden Jokowi untuk melawan Khofifah Indar Parawansa dalam ajang Pilkada Jatim 2024.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan sambutan pada rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP di Ancol Beach City, Jakarta Utara pada Jumat (24/5/2024).
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memberikan sambutan pada rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP di Ancol Beach City, Jakarta Utara pada Jumat (24/5/2024).

Bisnis.com, JAKARTA — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PDI Perjuangan (PDIP) menyiapkan sederet menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melawan Khofifah Indar Parawansa dalam ajang Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

Terbaru, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid memunculkan sosok Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar untuk maju dalam ajang Pilkada Jatim 2024.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menjelaskan bahwa Halim, yang merupakan kakak kandung dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, adalah sosok yang tepat untuk hadapi calon gubernur Jatim petahana Khofifah Indar Parawansa.

Jazilul mengungkapkan, Halim sudah lama menjadi ketua DPW PKB Jatim. Oleh sebab itu, kemampuan Halim untuk menggerakkan kader PKB di Jatim sudah tidak perlu diragukan lagi.

"Ini pendapat saya pribadi, karena mengingat perlu figur yang langsung menghidupkan mesin, kalau saya pribadi begitu. Siapa yang bisa menghidupkan mesin? Ya Pak Halim Iskandar kalau di Jawa Timur," jelas Jazilul kepada wartawan, Kamis (25/7/2024).

Dia mengingatkan, PKB merupakan partai politik peraih suara terbanyak di Jatim. Menurutnya, kader PKB di Jatim sangat menentukan kemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nantinya.

Apalagi, sambungnya, apabila PKB jalin kerja sama politik dengan partai politik kedua terbesar di Jatim yaitu PDIP. Dia pun meyakini koalisi PKB-PDIP bisa mengalahkan pasangan Khofifah-Emil Dardak yang sudah mendapatkan mayoritas dukungan partai politik.

"Meski PKB itu mesin besar, mesin turbolah di Jawa Timur, 30%. Apalagi bareng PDIP, hampir separuh," katanya.

Sementara itu, PDIP memang mengaku sudah menjalin komunikasi dengan PKB ihwal wacana bentuk kerja sama politik di Pilkada Jatim. Bahkan, sejumlah elite PDIP seperti Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah telah menemui Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Lebih lanjut, sama dengan PKB, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan PDIP juga menyiapkan sejumlah menteri Jokowi untuk melawan Khofifah di Pilkada Jatim. Tak tanggung-tanggung, ada tiga menteri yang siap didorong maju.

"Kalau dari kalangan menteri misalnya, ada Ibu Risma [Menteri Sosial Tri Rismaharini] ada Pak Abdullah Azwar Anas [Menpan-RB], ada Pak Pramono Anung [Sekretaris Kabinet]. Pak Pramono ini laris manis, nih. Ada yang mengusulkan di Jakarta, ada yang mengusulkan di Jawa Timur," ungkap Hasto dalam rilis media PDIP, dikutip Minggu (30/6/2024).

Dia menjelaskan PDIP tinggal mencari partai politik yang mau menerima salah satu nama-nama tersebut. Meski demikian, dia meminta setiap pihak bersabar karena proses politik sangat dinamis.

Hasto hanya menegaskan, PDIP akan mencoba untuk mendorong kader internal agar maju Pilkada 2024.

Sebagai informasi, Khofifah bersama wakilnya Emil Dardak sudah mendapatkan dukungan dari Partai Golkar, Demokrat, Gerindra, PAN, PPP, dan PKS untuk kembali maju dalam ajang Pilkada Jatim 2024. Artinya, kini tinggal PKB, PDIP, dan Nasdem yang tentukan siapa bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim 2024 yang akan diusung.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper