Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tidak hanya Jokowi, Gibran Juga Hadiri Rakernas Apkasi di JCC

Gibran hadir di acara pembukaan Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) 2024, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/7/2024).
Gibran Rakabuming Raka/Bisnis-Anshary
Gibran Rakabuming Raka/Bisnis-Anshary

Bisnis.com, JAKARTA – Wali Kota Solo yang juga Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka hadir dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) 2024, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/7/2024).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang turut memberikan sambutan. Gibran mengaku diundang oleh Ketua Apkasi. 

"[Saya] diundang oleh Ketua Apkasi," ujarnya kepada wartawan di JCC, Jakarta, Rabu (10/7/2024). 

Putra sulung Presiden Jokowi itu sedikit berkomentar ihwal kehadirannya di acara tersebut. Sesekali dia sempat dimintai tanggapan soal kans adiknya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, untuk maju di Pilkada Serentak 2024. Namun, dia juga enggan mengomentari hal tersebut. 

Jokowi Sentul Kepala Daerah

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada kepala daerah yang hadir. Dia di antaranya menyoroti soal tingkat inflasi yang terjaga di 2,5% secara tahunan atau year-on-year pada Juni 2024 lalu. 

Menurutnya, capaian tingkat inflasi itu juga merupakan hasil kinerja kepala daerah yang selalu rajin melaksanakan rapat dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) setiap hari Senin.

Jokowi bersyukur capaian inflasi Indonesia masih terkendali, apabila dibandingkan dengan negara-negara seperti Argentina maupun Turki. 

Meski demikian, mantan Wali Kota Solo itu mengaku bahwa masih ada kepala daerah yang tidak mengetahui tingkat inflasi di daerahnya sendiri. Hal itu ditemukan Jokowi yang mengaku kerap berkunjung ke pasar-pasar di daerah.

"Nih kalau saya yang tanya, tidak bisa jawab. Mohon maaf ada masih ada satu dua. Tolong kalau saya sebelum masuk kabupaten, bertanya dulu ke BI inflasinya berapa, ke TPID inflasinya berapa. Karena  pasti saya tanya. Harga-harga juga pasti saya tanyakan. Beras, bawang merah, bawang putih, cabai, yang sering naik kan barang-barang itu. Lainnya relatif stabil," tuturnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper