Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Iffa Rosita, Pengganti Hasyim Asy'ari di KPU

Profil Iffa Rosita, sosok pengganti Hasyim Asy'ari di KPU yang dipecat DKPP karena terjerat kasus asusila
Profil Iffa Rosita, Pengganti Hasyim Asy'ari di KPU / akun X @iffarosita
Profil Iffa Rosita, Pengganti Hasyim Asy'ari di KPU / akun X @iffarosita

Bisnis.com, JAKARTA - Iffa Rosita dipastikan menjadi pengganti Hasyim Asy'ari sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal tersebut dikemukakan oleh Anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus. Dia memastikan Iffa Rosita akan menggantikan Hasyim Asy'ari yang dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Guspardi menjelaskan, Pasal 29 ayat (4) huruf a UU No. 2/2007 tentang Penyelenggara Pemilu mengatur bahwa pengganti anggota KPU merupakan calon anggota KPU urutan peringkat berikutnya dari hasil pemilihan yang dilakukan oleh DPR.

Pada 2022, dia menjelaskan bahwa panitia seleksi menyerahkan 14 orang calon anggota KPU 2022-2027 ke Komisi II DPR. Sementara itu, yang terpilih menjadi anggota KPU berjumlah 7 orang.

Seharusnya, posisi ke-8 diduduki Viryan Aziz selaku anggota cadangan KPU. Namun, mantan komisioner KPU periode 2017-2022 meninggal dunia. Oleh sebab, itu pengganti Hasyim yaitu calon anggota KPU peringkat ke-8 adalah Iffa Rosita.

"Nomor urut 8 kalau tidak salah Saudari Iffa dari Kalimantan," jelas Guspardi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Daftar Anggota komisioner KPU

1. Betty Epsilon Idroos

2. Hasyim Asy’ari

3. Mochammad Afifuddin

4. Parsadaan Harahap

5. Yulianto Sudrajat

6. Idham Holik

7. August Mellaz

Daftar Cadangan Anggota KPU:

8. Viryan Aziz (alm)

9. Iffa Rosita

10. Dahliah

11. I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi

12. Iwan Rompo Banne

13. Yessy Yatty Momongan

14. Muchamad Ali Safa’at

Profil Iffah Rosita

Dilansir berbagai sumber, Iffa merupakan anggota KPU Kaltim sejak 2019. Wanita kelahiran 30 April 1979 Samarinda itu juga sempat menjabat menjadi anggota KPU Kota Bontang 2014-2019.

Dia juga berperan aktif di sejumlah organisasi di Bontang di antaranya, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Bontang, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Bontang hingga Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Bontang.

Adapun, Iffa yang menamatkan pendidikan S2 Program Pasca Sarjana Universitas Mulawarman itu sempat menjadi Ketua Bidang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Samarinda.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper