Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaesang Masuk Cagub Jateng Favorit Versi Survei LSI, PDIP Tak Ambil Pusing

PDIP calon gubernur DKI, PDIP tak mau ambil pusing, simak pernyataan lengkapnya
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2023). JIBI/ Bisnis-Anshary Madya Sukma
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2023). JIBI/ Bisnis-Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) mengaku tidak terlalu ambil pusing meski putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, menjadi calon gubernur (cagub) favorit warga Jawa Tengah (Jateng) seperti hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan kandidat cagub Jateng. Kandidat tersebut, lanjutnya, bisa berasal kader internal partai maupun tokoh eksternal yang dekat dengan PDIP.

"PDI Perjuangan telah cukup lama mempersiapkan calon-calon pemimpin yg berasal dari kepala daerah PDI Perjuangan, dan juga yang dari luar tetapi menjadi bagian dari keluarga partai," jelas Hasto di kawasan Stadion GBK, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2024).

Dia juga mengaku PDIP juga tidak takut apabila efek Jokowi masih kuat dalam ajang Pilkada 2024 sehingga Kaesang memiliki elektabilitas tertinggi kandidat cagub Jateng.

Hasto meyakini, kekuatan PDIP jauh lebih besar dari efek Jokowi. Menurutnya, ideologi dan akar rumput PDIP tidak bisa diremehkan.

"Itu kekuatan partai bukan kekuatan orang-perorang, dan dengan kekuatan kolektif tersebut PDI Perjuangan menyongsong pilkada dengan optimis," jelasnya.

Ketika ditanya nama Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, Hasto mengaku banyak kandidat masih dipertimbangkan. Nantinya, keputusan final ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sebagai informasi survei LSI, yang diadakan pada 21 – 26 Juni 2024, menanyakan kepada responden siapa tokoh yang akan dipilih untuk menjadi gubernur Jateng. Hasilnya, dalam simulasi semi terbuka 21 nama kandidat, Kaesang menjadi pilihan utama dengan meraih dukungan dari 15,9% responden.

Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi mengikuti di peringkat kedua dengan elektabilitas sebesar 12,9%. Lalu kader Gerindra Abdul Wachid ada di peringkat ketiga (7,8%).

Setelahnya mengikuti masing-masing pesohor Raffi Ahmad (6,8%), politisi PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul (5,8%), mantan asisten Prabowo Sudaryono (4,7%), hingga politisi PDIP Hendrar Prihadi (4,7%). Sementara nama lainnya hanya memperoleh 4% ke bawah.

Sementara itu, dalam simulasi enam hingga dua nama, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan ada empat kandidat yang selalu menunjukkan elektabilitas yang tinggi.

"Empat nama yang bisa bertarung paling kuat yaitu Ahmad Luthfi, Bambang Wuryanto, Taj Yasin Maimoen, dan Kaesang Pangarep," ungkap Djayadi ketika memaparkan hasil survei secara daring, Minggu (30/6/2024).

Survei LSI tersebut juga memilah pilihan kandidat gubernur warga Jateng berdasarkan pilihan partai politik mereka. Hasilnya, dalam simulasi enam nama, pemilih PDIP paling banyak memilih Kaesang (23,3%) untuk menjadi cagub Jateng 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper