Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Kapolda Sumbar Irjen Suharyono yang Tangani Kasus Kematian AM

Nama Kapolda Sumbar Irjen Suharyono menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir terkait kasus kematian anak di bawah umur berinisial AM. Ini profilnya
Kapolda Sumbar Irjen Suharyono/Antara
Kapolda Sumbar Irjen Suharyono/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Kapolda Sumatra Barat (Sumbar) Irjen Suharyono menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir.

Hal itu berkaitan dengan penanganan kasus kematian AM, anak di bawah umur yang tewas diduga akibat penganiayaan oleh jajarannya di Padang.

Terbaru, dirinya disebut tengah menyiapkan persidangan etik sebanyak 17 anggota terkait dugaan penganiayaan terhadap belasan remaja yang hendak melakukan tawuran. 

Suharyono menyampaikan, berdasarkan pemeriksaan internal Polda Sumbar, sejauh ini tidak ada penambahan personel kepolisian yang terindikasi melanggar prosedur saat menangani peristiwa tersebut.

"Yang melanggar disiplin sudah kami tindak, kami periksa, kami berkas, kami persiapan untuk sidang, ada 17 orang saat ini. Tetapi itu yang terjadi di Polsek Kuranji," ujarnya saat dihubungi, Kamis (4/7/2024).

Profil Kapolda Sumbar Irjen Suharyono

Suharyono menjabat sebagai Kapolda Sumatra Barat sejak 14 Oktober 2022 silam.

Lahir pada 2 Desember 1966, dia merupakan lulusan terbaik Akpol angkatan 1992. Dirinya pun menerima penghargaan Adhi Makayasa pada tahun yang sama.

Selama berkarier di kepolisian, dirinya memiliki banyak pengalaman di bidang intelijen.

Sejumlah jabatan pun pernah diembannya dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Pada 2012, Suharyono menjabat sebagai Kapolres Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pada 2014, kariernya menanjak dengan dipromosikan menjadi Direktur Intelijen Keamanan Polda Kepulauan Riau.

Setahun kemudian, dirinya ditunjuk sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Politik Badan Intelijen dan Keamanan Polri (Baintelkam Polri).

Kemudian pada pada 2017, dia diberikan penugasan pada Badan Intelijen Negara sebagai perwira tinggi Polri.Jabatan akhirnya sebelum didapuk sebagai Kapolda Sumbar adalah penyidik utama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2020.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper