Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK Tunjuk Jadi Jubir Baru Gantikan Ali Fikri

KPK menunjuk Juru Bicara (Jubir) baru untuk menggantikan Ali Fikri yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Bagian Pemberitaan.
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta/ KPK
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta/ KPK

Bisnis.com, JAKARTA – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjuk Juru Bicara (Jubir) baru untuk menggantikan Ali Fikri yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Bagian Pemberitaan.

Adapun Ali merupakan jaksa KPK yang ditunjuk sebagai Kepala Bagian Pemberitaan sekaligus Plt. Jubir KPK. Sebelumnya, posisi jubir dijabat oleh Febri Diansyah yang mengundurkan diri dan kembali menjadi advokat.

Kini, pimpinan KPK telah mengangkat jubir KPK bagian penindakan dan kelembagaan secara definitif yaitu Tessa Mahardika Sugiarto. Tessa diketahui merupakan dari kalangan penyidik.

"Jabatan pak Ali adalah Kabag Pemberitaan, tetapi selama ini beliau ditunjuk sebagai Plh. Jubir dan sekarang sudah diangkat jubir yang definitif pak Tessa," kata Wakil Ketua KPK Johanis Tanak usai dimintai konfirmasi oleh wartawan, Jumat (7/6/2024).

Sementara itu, dalam keterangan terpisah, Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango mengatakan Ali sudah lama menjabat sebagai Plt. Jubir yang sebelumnya ditinggalkan oleh Febri.

Namun demikian, dia menyebut Ali masih akan menjabat sebagai Kepala Bagian Pemberitaan. "KPK ini kita percaya banyak talenta-talenta pegawai yang kompeten dalam komunikasi publik, jadi enggak ada salahnya kalau kami berencana melakukan semacam 'penyegaran' sekaligus memberi ruang kesempatan pada pegawai-pegawai KPK lainnya untuk menjadi 'corong' lembaga," jelas Nawawi.

Dalam catatan Bisnis, Ali menjabat sebagai Plt. Jubir KPK pada sekitar 2020 ketika Febri mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Febri merupakan advokat dan pegiat antikorupsi yang sebelumnya bekerja tujuh tahun di KPK.

Sementara itu, Ali merupakan jaksa KPK yang ditugaskan dari Kejaksaan Agung (Kejagung). Ali ditunjuk menjadi Kabag Pemberitaan sekaligus Plt. Jubir KPK pada masa kepemimpinan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper