Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Ahmad Ridha yang Gugat Syarat Batas Usia Kepala Daerah ke MA

Profil Ahmad Ridha, Ketum Partai Garuda yang menggugat ke MA batas usia minimal Kepala Daerah di Pilkada 2024
Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana/Partai Garuda
Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana/Partai Garuda

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana mendadak viral dan menjadi buah bibir masyarakat setelah permohonan uji materi yang telah dilakukannya dikabulkan Hakim Mahkamah Agung (MA).

Ahmad Rifha Sabana berhasil membatalkan ketentuan syarat batas usia minimal calon gubernur-wakil gubernur yakni 30 tahun serta bupati-wakil Bupati atau wali kota-wakil wali kota 25 tahun saat mendaftar Pilkada 2024.

Pembatalan persyaratan itu dilakukan MA lewat putusan no. 23 P/HUM/2024. Dalam perkara itu, MA mengabulkan hak uji materi (HUM) Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 9/2020 yang diajukan Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana.

Lantas, siapa Ahmad Ridha Sabana?

Profil Ahmad Ridha Sabana

Pria kelahiran 22 Januari 1972 itu pernah menjabat sebagai Presiden Direktur pada perusahaan bernama Lintas Technologies pada tahun 2009.

Kemudian, pada tahun 2011-2014, Ahmad Ridha Sabana juga pernah aktif di ormas Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), bahkan menjadi salah satu kandidat Ketua Umum KNPI.

Selanjutnya, pada tahun 2014 Ahmad Ridha Sabana yang merupakan kader dari Partai Gerindra juga pernah mencalonkan diri jadi anggota DPRD Dapil Jakarta Timur, meski alamat rumahnya di Jakarta Selatan, tapi dia berhasil meraih 3.691 suara.

Pada tahun yang sama, Ahmad Ridha juga sekaligus menjabat sebagai Presdir PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) yang saat itu dimiliki oleh Siti Hardiyanti Rukmana (Tutut), Putri Sulung Soeharto.

Ahmad Ridha juga sempat melawan Hary Tanoesoedibjo dan mendukung Tutut saat TPI menjadi rebutan kedua pengusaha itu. 

Ridha tercatat sebagai pemilik Gala Group, yang menaungi beberapa perusahaan yaitu Gala Galaatama yang bergerak di bidang kontraktor, perdagangan dan pemasok, Gala Griyatama bidang real estate dan Gala Jayatama bergerak di bidang penyuplai dan integrator sistem serta Gala Surya Karyatama (industri kimia).

Lalu pada 2015, Ahmad Ridha mulai masuk ke dunia politik dan langsung jadi Ketua Umum Partai Garuda sampai saat ini dan pada  2018 mendeklarasikan diri keluar dari dunia jurnalis.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper