Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Hari Ini, 28 Mei Peringatan Amnesti Sedunia

Hari Amnesti Sedunia memberikan kesempatan bagi individu untuk terlibat dan membuat perbedaan.
Hak Asasi Manusia (HAM)./Pixabay-Succo
Hak Asasi Manusia (HAM)./Pixabay-Succo

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Amnesti Sedunia diperingati setiap tanggal 28 Mei dengan tujuan mengadvokasi Hak Asasi Manusia (HAM) dan menyebarkan pemahaman perihal pelanggaran.

Amnesty International merupakan organisasi non pemerintah didedikasikan untuk mendukung gerakan hak asasi manusia diseluruh dunia.

Dilansir dari britannica.com dan holidaycalendar.io, Selasa (28/5/2024) peringatan ini diadakan pertama kali pada tahun 1961 oleh pengacara Inggris Peter Benenson, yang bertujuan untuk menarik perhatian para tahanan agar bisa mengadvokasi pembebasan mereka.

Awalnya, Amnesti hanya berfokus untuk mengupayakan pembebasan para tahanan politik saja. Namun, setelah 50 tahun akhirnya Amnesti bertransformasi dan beradaptasi dengan perubahan dunia yang dinamis.

Saat ini, Amnesti sudah berkembang lebih luas menjadi penegakan seluruh spektrum hak asasi manusia. Amnesti melindungi dan memberdayakan masyarakat melalui kebijakan yang diberikan seperti membela hak-hak pengungsi dan imigran, menghapuskan hukuman mati, memerangi diskriminasi, dan melindungi hak-hak seksual dan reproduksi.

Selain itu, Amnesti juga mengadvokasi kebebasan berekspresi, berkumpul, berpendapat, berserikat, serta memperjuangkan dan membahas hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya.

Pentingnya Memperingati Hari Amnesti Sedunia

1. Meningkatkan kesadaran terkait isu-isu hak asasi manusia

Hari Amnesti menjadi pengingat bagi masyarakat bahwa masih banyak orang di dunia yang tidak dilindungi hak asasi manusianya. Selain itu, peringatan ini membuka kesempatan untuk mempelajari serta menyebarkan kesadaran terkait pelanggaran hak asasi manusia yang sedang terjadi, dan mengambil tindakan demi memajukan keadilan dan kesetaraan.


2. Penghormatan

Amnesti adalah gerakan global individu dan organisasi untuk memperjuangkan hak asasi manusia diseluruh dunia. Karena itu, peringatan ini dilakukan untuk menghormati kerja keras dan dedikasi organisasi dalam mengadvokasi keadilan, melindungi hak asasi manusia, dan memberikan dukungan bagi korban pelanggaran HAM.

3. Mendorong masyarakat mengambil tindakan

Hari Amnesti Sedunia memberikan kesempatan bagi individu untuk terlibat dan membuat perbedaan. Baik itu dengan menandatangani petisi, menjadi sukarelawan, atau menyumbangkan uang. Peringatan ini juga mendorong orang-orang untuk mengambil tindakan dalam menyuarakan dan melindungi hak asasi manusia diseluruh dunia. (Nur Afifah Azahra Aulia)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper