Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Pemimpin Dunia Berduka Atas Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi

Para pemimpin dunia menyampaikan simpati dan belasungkawa setelah mendapatkan kabar kecelakaan helikopter yang merenggut nyawa Presiden Iran Ebrahim Raisi.
Presiden Iran Ebrahim Raisi. Dok IRNA
Presiden Iran Ebrahim Raisi. Dok IRNA

Bisnis.com, JAKARTA - Para pemimpin dunia menyampaikan simpati dan belasungkawa setelah mendapatkan kabar kecelakaan helikopter yang merenggut nyawa Presiden Iran Ebrahim Raisi,  Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian, dan pejabat lainnya, pada Senin (20/5/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyatakan keprihatinan atas kecelakaan helikopter yang menewaskan Raisi. Hal ini disampaikan melalui akun X pribadinya @jokowi. 

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Duka cita mendalam atas wafatnya Presiden Iran, Yang Mulia Sayyed Ebrahim Raisi, beserta delegasi pendamping yang menyertai beliau dalam musibah kecelakaan di Iran Doa tulus saya panjatkan bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat Iran,” tuturnya dikutip melalui akun X @Jokowi, Senin (20/5/2024).

Selain itu, para pemimpin negara di dunia, mulai dari Emir Qatar, Rusia, Suriah, Mesir hingga Eropa. Adapun berdasarkan Tasnim Agency, pejabat negara itu di antaranya:

1. Presiden Republik Azerbaijan, Ilham Aliyev

Aliyev menyampaikan belasungkawa kepada Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Ali Khamenei dan rakyat Iran.

Dia turut berduka atas kehilangan Presiden Raisi dan para pejabat pendampingnya yang syahid dalam peristiwa tragis tersebut, saat kembali dari wilayah Khoda Afarin di Provinsi Azarbaijan Timur di barat laut Iran setelah meresmikan bendungan di perbatasan bersama dengan Republik Azerbaijan.

2. Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. 

Emir Qatar mengungkapkan kesedihannya kepada pemerintah dan rakyat Iran, berdoa memohon rahmat Tuhan bagi para almarhum dan kesabaran bagi keluarga dari para pejabat Iran.

Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Qatar, Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, turut menyampaikan simpatinya atas jatuhnya helikopter tragis yang mengakibatkan meninggalnya Presiden Raisi dan delegasinya.

3. Presiden Suriah Bashar al-Assad

Adapun dalam pesan yang menyentuh hati, dia menyampaikan belasungkawa kepada Ayatollah Khamenei dan bangsa Iran atas nama dirinya dan rakyat Suriah, berduka atas kehilangan Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Amirabdollahian, dan rekan-rekan mereka.

4. Kepresidenan Mesir 

Pihaknya mengeluarkan pernyataan yang menyatakan belasungkawa dan solidaritas kepada para pemimpin dan rakyat Iran atas tewasnya Presiden Iran, dan kerugian yang signifikan.

5. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov

Lavrov memberikan penghormatan kepada para pejabat Iran yang tewas, dan menyoroti patriotisme dan pengabdian mereka kepada Iran, dan mengumumkan bahwa bendera kedutaan Rusia akan dikibarkan setengah tiang sebagai bentuk solidaritas.

6. Presiden Dewan Eropa Charles Michel

Michel menyampaikan belasungkawa yang tulus dari Uni Eropa atas meninggalnya Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Amirabdollahian, dan pejabat lainnya dalam kecelakaan helikopter tersebut.

7. Hizbullah Lebanon dan Unit Mobilisasi Populer (PMU) Irak 

Pihak Hizbullah dan Irak menyatakan belasungkawa yang dalam atas insiden tragis tersebut.

8. Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters

Peters menyampaikan pemikiran dan doanya kepada rakyat Iran, menyampaikan simpati kepada keluarga Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Amirabdollahian, dan delegasi lainnya.

9. Presiden Maladewa Mohamed Muizzu

Muizzu mengungkapkan kesedihan mendalam atas jatuhnya helikopter tersebut, berdoa memohon belas kasihan Tuhan bagi para korban dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mereka dan bangsa Iran.

10. Kementerian Luar Negeri Belarus 

Belarus menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran, mengakui kerugian yang signifikan dan menyebut mendiang presiden sebagai teman sejati Belarus. 

11. Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif

Sharif mengumumkan hari berkabung nasional untuk menghormati Presiden Raisi dan delegasinya, dengan pengibaran bendera setengah tiang sebagai tanda penghormatan dan solidaritas terhadap Iran.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper