Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPP Belum Tentu Usung Khofifah di Pilkada Jatim, ini Alasannya

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum tentu mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon Gubernur dalam Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) /Bisnis-Wahyu Darmawan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) /Bisnis-Wahyu Darmawan

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum tentu mengusung khofifah indar parawansa sebagai calon Gubernur dalam Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek mengakui, partainya merupakan salah satu pengusung Khofifah ketika terpilih sebagai gubernur dalam ajang Pilkada 2018. Pengurus daerah PPP di Jatim juga masih berhubungan baik dengan Khofifah.

"Tapi apakah PPP mengusung Bu Khofifah? Belum," ujar Awiek di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2024).

Dia menjelaskan, PPP masih perlu lakukan mekanisme partai sebelum tentukan sosok yang akan diusung dalam ajang Pilkada 2024. Pengurus pusat masih harus dengar masukan dari daerah.

Sementara itu, kini PPP masih fokus mengawal sidang sengketa hasil Pileg 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Oleh sebab itu, Awiek meminta setiap pihak bersabar.

"Kita pasti mengusung [calon di Jatim]. Tapi siapa yang diusung? Itu nanti menunggu keputusan resmi dari partai," jelasnya.

Sebagai informasi, Khofifah memang menjadi nama kuat untuk maju kembali sebagai calon gubernur Jatim 2024. Bahkan, partai-partai seperti Golkar, Demokrat, Gerindra, hingga PAN sudah menyatakan akan dukung Khofifah.

Meski demikian, sebelumnya PPP dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah sepakat akan usung bersama satu calon gubernur dalam ajang Pilkada Jatim 2024 ketika elite kedua partai melakukan rapat tertutup selama sejam di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat pada Senin (29/4/2024) sore.

"Jatim tadi memang menyita waktu agak banyak dan hampir sepakat, pokoknya kita harus mengusung seseorang," ujar Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin usai pertemuan.

Meski demikian, Cak Imin masih merahasiakan nama bakal calon gubernur Jatim yang akan diusung PKB dan PPP itu karena takut ketahuan Khofifah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper