Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keputusan Ganjar-Mahfud Jadi Oposisi Prabowo-Gibran Dapat Acungan Jempol

Sikap politik Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang menegaskan diri menjadi oposisi pemerintahan Prabowo-Gibran mendapatkan apresiasi
Keputusan Ganjar-Mahfud Jadi Oposisi Prabowo-Gibran Dapat Acungan Jempol. Calon presiden dan wakil presiden urut 3  Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyapa wartawan sebelum sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Keputusan Ganjar-Mahfud Jadi Oposisi Prabowo-Gibran Dapat Acungan Jempol. Calon presiden dan wakil presiden urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyapa wartawan sebelum sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Sikap politik Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang menegaskan diri menjadi oposisi pemerintahan Prabowo-Gibran mendapatkan apresiasi.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan bahwa dalam berpolitik, para tokoh harus memiliki sikap yang jelas dan tidak abu-abu.

Menurut pria yang akrab disapa Pangi itu, apa yang ditunjukkan oleh Ganjar-Mahfud adalah langkah kongkret dan tepat yakni menjadi oposisi pemerintah.

"Di Amerika Serikat saja seperti itu, jika Partai Demokrat yang menang, otomatis Partai Republik akan menjadi oposisi," tutur Pangi kepada Bisnis di Jakarta, Senin (13/5).

Pangi menilai bahwa menjadi oposisi tidak selamanya buruk. Yang buruk, sambungnya, adalah jika semua partai ingin berkoalisi untuk mendapatkan posisi atau kursi menteri.

"Jadi koalisi ini jangan hanya berbasis cari-cari rente kekuasan atau kursi menteri saja. Tetapi harus ada persamaan ideologis," kata Pangi.

Berdasarkan catatan Bisnis, Calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendeklarasikan diri menjadi oposisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Ganjar menegaskan tidak akan masuk ke pemerintahan Prabowo-Gibran. Dia memilih akan melakukan kontrol dari luar pemerintahan.

"Saya declare [deklarasi], pertama saya tidak akan bergabung di pemerintahan ini, tapi saya sangat menghormati pemerintahan ini," jelas Ganjar dalam acara halalbihalal TPN Ganjar-Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper