Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tak Ada Rencana Khusus Untuk Silaturahmi ke Tokoh Politik saat Lebaran

Presiden Jokowi menyebut tidak memiliki agenda khusus untuk mengunjungi tokoh-tokoh politik usai lebaran 2024.
Presiden Joko Widodo (Jokowi). - Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman
Presiden Joko Widodo (Jokowi). - Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tak memiliki rencana atau agenda khusus untuk melakukan silaturahmi dengan mengunjungi tokoh-tokoh politik pada Lebaran 2024 atau Idulfitri 1445H.

Hal ini disampaikannya saat meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

"Hmmm, enggak ada rencana-rencana, mengalir biasa saja," ucap Jokowi kepada wartawan.

Meski begitu, orang nomor satu di Indonesia itu memastikan bahwa dirinya akan merayakan Lebaran di Jakarta dan melaksanakan ibadah salat Idulfitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Di Jakarta dan [Salat Ied di Istiqlal] kurang lebih [begitu]. InshaAllah," pungkas Jokowi.

Di sisi lain, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengaku akan menunaikan Salat Id di Masjid Istiqlal di Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah (H) pada tahun ini.

Selain itu, orang nomor dua di Indonesia itu mengatakan bahwa dirinya juga bisa menerima kunjungan (open house) hingga pukul 13.00 WIB pada Lebaran hari pertama Idulfitri 1445H.

"Saya salat di Istiqlal setiap tahun saya seperti itu. Saya tidak bilang akan [mengadakan] open house tetapi saya menerima kalau ada orang yang hadir di kediaman saya sampai dengan Zuhur, sampai dengan jam 1, kemudian jam 1 saya keluar kota. Saya kira itu," tuturnya usai meresmikan Banten Halal Fair Ramadan 1445 Hijriah di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 Tangerang, Banten, Selasa (2/4/2024).

Selain itu, Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengatakan memiliki rencana untuk berkunjung secara langsung menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya kira nanti saya menunggu kalau nanti pak Presiden juga memang Salat Id di sini dan kemudian ada misalnya ada open house saya tentu akan berkunjung dulu ke Pak Presiden. Kita menunggu beritanya dulu," imbuhnya.

Di sisi lain, Wapres Ke-13 RI itu menekankan bahwa dirinya sangat membuka kesempatan bagi masyarakat yang mau bersilaturahim ke kediamannya di Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat.

Penyebabnya, dia menekankan bahwa langkah itu ditempuh mengingat masa jabatannya akan segera berakhir pada Oktober 2024 mendatang sehingga dirinya ingin merayakan Lebaran juga bersama masyarakat.

"Betul saya kira ini memang lebaran terakhir saya sebagai Wapres, bukan lebaran terakhir saya, bukan. Kalau saya kan berarti sudah selesai saya. Tapi lebaran terakhir saya sebagai Wapres. Oleh karena itu sekalian pamit kepada masyarakat karena nanti saya kalau Allah umurkan panjang, panjangkan umur ya lebaran yang akan datang tidak lagi sebagai wapres," tandas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper