Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airlangga Singgung Negara Lain Juga Bagikan Bansos untuk Warga

Menurut Airlangga, bansos yang diberikan pemerintah Indonesia kepada warganya dianggap sebagai hal yang lumrah
Airlangga Hartarto memberikan keterangan dalam Sidang Perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 & 2/PHPU.PRES-XXII/2024 di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4/2024).  Antara
Airlangga Hartarto memberikan keterangan dalam Sidang Perkara Nomor 1/PHPU.PRES-XXII/2024 & 2/PHPU.PRES-XXII/2024 di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4/2024). Antara

Bisnis,com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan hampir seluruh negara mengalami dampak dari el nino dan membantu masyarakatnya dengan cara memberikan bantuan sosial.

Dia mengatakan salah satu negara tersebut adalah Singapura yang memberikan bantuan sosial berupa uang sebesar 800 USD Singapura per orang untuk mengatasi kenaikan biaya hidup akibat el nino selama bulan September 2023.

Kemudian, kata Airlangga, negara India juga memberikan bantuan kepada masyarakatnya berupa pemberian sereal dan minyak dengan anggaran total mencapai Rp2.200 triliun pada bulan September-November 2023 kemarin.

“Bansos juga diberikan oleh Pemerintahan Malaysia kepada warganya dengan anggaran setara Rp25 triliun pada periode Januari-Desember 2023,” tuturnya di Gedung MK Jakarta, Jumat (5/4).

Menurut Airlangga, bansos yang diberikan pemerintah Indonesia kepada warganya dianggap sebagai hal yang lumrah, mengingat negara lain juga melakukan hal yang sama untuk mencegah kesulitan hidup warganya. 

Namun, kata Airlangga bansos yang diberikan pemerintah Indonesia kepada warga lebih rendah jika dibandingkan dengan negara lain yaitu kepada 7,9 persen penduduk Indonesia. Sementara Malaysia 25,6 persen, Singapura 41,7 persen, India 55,6 persen dan Amerika Serikat 12,1 persen.

“Untuk mengoptimalkan manfaat kepada penerima bantuan sosial dan efisiensi biaya penyaluran, bansos biasanya dibagikan beberapa periode sekaligus atau dirapel dalam satu kali penyaluran,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper