Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kecanggihan Kapal Selam Scorpene Evolved yang Dibeli Indonesia dari Prancis

Indonesia memperkuat armada tempur TNI AL dengan mendatangkan dua kapal selam Scorpene Evolved dari Prancis. Ini kecanggihan kapal selam Scorpene Evolved.
Ini Kecanggihan Kapal Selam Scorpene Evolved yang Dibeli Indonesia dari Prancis/Naval
Ini Kecanggihan Kapal Selam Scorpene Evolved yang Dibeli Indonesia dari Prancis/Naval

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia memperkuat armada tempur TNI AL dengan mendatangkan dua kapal selam Scorpene Evolved dari Prancis.

Rencananya, dua kapal selam Scorpene Evolved Full Lithium-Ion battery (LiB) akan dibangun di Indonesia di galangan kapal PT PAL, melalui transfer teknologi dari Naval Group.

Pembelian ini sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama Pertahanan yang ditandatangani dengan pemerintah Perancis pada Agustus 2021. Indonesia telah memilih Naval Group dan PT PAL untuk program kapal selam ini.

Kedua perusahaan telah bekerja sama melalui Perjanjian Kemitraan Strategis (SPA) yang ditandatangani pada Februari 2022.

Kontrak tersebut mencakup pengiriman dua kapal selam Scorpène Evolved Full LiB yang akan dibangun di Indonesia di dalam galangan kapal PT PAL. Naval Group nantinya juga akan memberikan transfer pengetahuan dan teknologi.

“Naval Group merasa sangat terhormat bisa menjadi bagian dari babak baru aliansi strategis antara Indonesia dan Perancis. Dengan Scorpène Evolved Full LiB, Indonesia telah memilih kapal selam berperforma tinggi yang telah teruji di laut guna memperkuat kedaulatan maritim dan mendukung TNI Angkatan Laut dalam mencapai keunggulan regional," ujar Pierre Éric Pommellet, Ketua dan CEO Naval Group, dalam situs resmi Naval.

Selain kapal selam, kemitraan strategis kami dengan PT PAL juga akan mendukung industri pertahanan Indonesia untuk secara aktif mempersiapkan masa depan peperangan laut.

Dr Kaharuddin Djenod, Presiden Direktur PT PAL mengatakan, “Langkah ini merupakan komitmen dan kepercayaan tinggi pemerintah Indonesia terhadap kemampuan insinyur lokal dalam memajukan teknologi pertahanan khususnya teknologi kapal selam. Komitmen pemerintah dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan juga didukung dengan pemberian Modal Negara (PMN) untuk mendukung penuh seluruh produksi kapal selam lokal di PT PAL. Ke depan, Indonesia diharapkan mampu menguasai teknologi kapal selam.”

Kecanggihan Kapal Selam Scorpene Evolved

Naval Group dan PT PAL telah menandatangani kontrak dengan Indonesia guna mendatangkan dua kapal selam Scorpene Evolved.

Scorpene Evolved, kapal selam serang berperforma tinggi yang dilengkapi dengan sistem energi mutakhir.

Scorpene adalah kapal selam modern, berperforma tinggi, tersembunyi, kuat dan tahan lama. Kapal selam Scorpene Evolved adalah kapal selam samudera yang juga dirancang untuk operasi perairan dangkal.

Kapal selam Scorpene Evolved bisa menjalankan seluruh cakupan misi seperti peperangan anti-permukaan, anti-kapal selam, operasi khusus, dan pengumpulan intelijen. Sangat tersembunyi dan cepat, ia memiliki tingkat otomatisasi pengoperasian yang memungkinkan jumlah awak terbatas, sehingga mengurangi biaya pengoperasian secara signifikan.

Keunggulan tempur Kapal selam Scorpene Evolved cukup menonjol karena ia memiliki 6 tabung peluncur senjata, 18 senjata (torpedo, rudal).

Kapal selam Scorpene Evolved dilengkapi dengan sistem tempur generasi terbaru, SUBTICS, yang mengatasi tantangan yang semakin besar dari misi kapal selam modern di perairan biru dan dangkal di seluruh domain peperangan.

Kapal selam Scorpene Indonesia akan dilengkapi dengan sistem energi mutakhir berdasarkan konfigurasi lithium-ion penuh yang mencakup standar keamanan dan keselamatan tertinggi dan memungkinkan jangkauan energi yang lebih berguna, tingkat kehati-hatian yang lebih baik, dan waktu pengisian yang lebih singkat. Berkat teknologi ini, kecepatan tinggi tersedia terlepas dari status muatannya, sehingga meningkatkan mobilitas taktis kapal selam.

Selain dua Kapal selam Scorpene Evolved untuk Indonesia ini, ada 14 unit lain yang dirancang dan diadaptasi oleh Naval Group untuk pasar ekspor sedang beroperasi atau sedang dibangun di seluruh dunia.

Angkatan Laut Chile dan Angkatan Laut Malaysia sama-sama mempunyai dua. Angkatan Laut Brasil punya empat, sedangkan Angkatan Laut India memiliki enam kapal.

Keberhasilan ini menunjukkan kemampuan Naval Group sukses dalam memasok kapal selam terbaik di kelasnya termasuk transfer teknologi.

Konfigurasi akhir kapal selam disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik angkatan laut dan menggabungkan inovasi terbaru.

Karakteristik utama Kapal Selam Scorpene Evolved:

Perpindahan permukaan: 1.600 – 2.000 ton
Panjang keseluruhan: 72 m
Kecepatan terendam: >20 knot
Kedalaman menyelam: >300 m
Otonomi: >78 hari dalam misi 80 hari
Otonomi terendam: >12 hari
Kru: 31
Total muatan senjata: 18
Tabung senjata: 6
Sistem manajemen tempur SUBTICS
Ketersediaan operasional di laut: >240 hari per tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper