Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Elver, Ikan Termahal yang Harganya Capai Rp30 Juta

Elver, anak ikan sidat menjadi ikan termahal di Amerika Serikat dengan harga mencapai Rp30 jutaan per 1 pon (453 gram).
Ilustrasi ikan sidat/pexels
Ilustrasi ikan sidat/pexels

Bisnis.com, JAKARTA - Elver, atau yang biasa disebut sebagai bayi ikan sidat diklaim menjadi iklam termahal di Amerika Serikat (AS).

Ikan tersebut dijual dengan harga fantastis, yang mencapai 2.000 dollar AS atau sekitar Rp31 juta per pon-nya, atau sekitar 453 gram.

Harga ini terbilang sangat mahal dan melebihi harga lobster, kerang, atau salmon.

Penyebab tingginya harga Elver ini disebabkan karena fungsi ikan tersebut yang bisa memberikan peran penting terhadap pasokan makanan Jepang di seluruh dunia.

Selain itu, alasan lain yang menjadikan Elver mahal yakni karena ikan ini tak mudah ditangkap karena biasa muncul pada musim tertentu.

Maine menjadi wilayah di AS yang menjadi daerah penghasil Elver terbesar di dunia. Meskipun begitu, penangkapan ikan tersebut saat ini sangat dibatasi.

Dewan pengawas antar negara bagian yang mengendalikan perikanan telah mengeluarkan rencana untuk mempertahankan kuota elver pada tingkat kurang dari 10.000 pon per tahun tanpa batas waktu.

Jenis dan Manfaat Ikan Sidat

Ikan sidat di Jepang yang paling umum dijadikan hidangan adalah ikan sidat Jepang atau Anguilla Jponica.

Dilansir dari situs Pemerintahan Kabupaten Kulon Progo, ada 18 jenis ikan sidat di dunia dan Anda bisa menemukan 7 jenisnya di Indonesia.

Adapun 7 jenis ikan sidat tersebut adalah 2 sidat bersirip dorsal pendek (Anguilla bicolor dan Anguilla bicolor pacifica) dan 5 sidat dorsal panjang (Anguilla borneensis, Anguilla marmorata, Anguilla celebensensis, Anguilla megastoma, dan Anguilla interioris).

Jenis ikan sidat yang populer dan mempunyai potensi besar untuk dikembangkan adalah Anguilla bicolor dan Anguilla marmorata. Anguilla bicolor atau Sidat Anjing banyak ditemukan di pantai Jawa, seperti Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Cilacap, dan Jember.

Sementara itu, Anguilla marmorata yang sering disebut dengan Sidat Kembang umumnya dapat ditemukan di Sulawesi dan Kalimantan.

Ikan sidat memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Ia mengandung berbagai macam vitamin dan mineral.

Dilansir dari Umami Insider, vitamin dan mineral yang ada di ikan ini adalah A, D, E, B1, B2, B12, dan fosfor. Kandungan tersebut dapat menyeimbangkan tingkat Ph dalam tubuh, meningkatkan pencernaan dan metabolisme, dan memungkinkan menyerap nutrisi lebih baik.

Tidak hanya itu, ikan ini juga tinggi omega-3 yang dapat membantu meningkatkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, mengurangi risiko diabetes, mengurangi risiko radang sendi, dan banyak lagi.

Manfaat lain dari ikan sidat yakni:

  • Meringankan nyeri haid
  • Mengurangi keriput dan meningkatkan kesehatan kulit
  • Memperlambat pertumbuhan tumor
  • Mengurangi resiko kanker payudara
  • Meningkatkan aliran darah ke otak
  • Meningkatkan daya ingat dan pembelajaran
  • Mengurangi risiko demensia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper