Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Kargo Militer Rusia Jatuh di Ivanovo, Bawa 15 Penumpang

Salah satu pesawat kargo militer Rusia berjenis Ilyushin Il-76 jatuh tak lama setelah takeoff di wilayah Ivanovo pada Selasa (12/3/2024).
Annisa Sulistyo Rini,Newswire
Rabu, 13 Maret 2024 | 03:45
Ilustrasi pesawat terbakar/Dailymailco.uk
Ilustrasi pesawat terbakar/Dailymailco.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Rusia melaporkan salah satu pesawat kargo militer berjenis Ilyushin Il-76 jatuh tak lama setelah takeoff pada Selasa (12/3/2024).

Melansir Reuters, pesawat tersebut membawa 15 penumpang. Kecelakaan terjadi akibat kebakaran pada salah satu mesin pesawat.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan kecelakaan pesawat itu terjadi di wilayah Ivanovo. Sementara, media online Rusia memberitakan tidak ada penumpang yang selamat.

Terdapat pula video yang belum terkonfirmasi kebenarannya, beredar di media sosial dan menunjukkan sebuah pesawat dengan satu mesin terbakar mengarah ke daratan. Kepulan asap gelap terlihat membubung ke langit saat helikopter berputar.

Sementara itu, Antara melaporkan Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan komisi pasukan kedirgantaraan Rusia sedang dalam perjalanan ke lapangan Ivanovo untuk mencari tahu penyebab kecelakaan tersebut.

Gubernur Wilayah Ivanovo Stanislav Voskresensky telah tiba di lokasi jatuhnya pesawat, kata pemerintah setempat.

"Wilayah pemukiman tidak mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut. Markas operasional sudah diatur di lokasi, semua layanan berfungsi," kata pemerintah setempat melalui Telegram.

Sementara, Voskresensky menyatakan api di lokasi kecelakaan telah padam. Gubernur wilayah tersebut juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga pilot-pilot pesawat tersebut yang meninggal dan memerintahkan layanan khusus untuk menyediakan bantuan yang diperlukan.

Adapun, operasi pencarian dan penyelamatan di lokasi jatuhnya pesawat telah selesai. Sebagai informasi, pesawat angkut berat Ilyushin Il-76 merupakan pesawat serbaguna yang didesain Rusia untuk mengangkut pasukan, kargo, dan peralatan.

Pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an, Il-76 telah menjadi andalan Angkatan Udara Rusia dan juga digunakan oleh sejumlah negara lain di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters, Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper