Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Ramadan, 10 Tips Persiapan Bulan Puasa

Orang yang menjalankan ibadah puasa membutuhkan kekuatan fisik serta kekuatan mental saat bulan Ramadan.
Niat sebelum puasa Ramadan/Freepik
Niat sebelum puasa Ramadan/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan Ramadan menjadi salah satu bulan yang sangat ditunggu umat beragama Islam. Pada bulan ini, umat Islam melakukan puasa selama satu bulan.

Puasa wajib masuk dalam rukun Islam yang ketiga. Ramadan 2024 akan dilaksanakan pada Maret. Apa saja persiapan puasa Ramadan?

Selama puasa, orang yang menjalankan ibadah puasa membutuhkan kekuatan fisik serta kekuatan mental yang baik, agar mampu menjalankan ibadahnya.

Ini 10 tips persiapan menjelang bulan puasa Ramadan:

1. Sambut bulan Ramadan dengan rasa syukur

Umat islam harus mempunyai rasa syukur terhadap apapun yang terjadi dalam hidupnya karena dengan rasa syukur yang dimiliki dapat membuat seseorang menerima segala sesuatu dengan pandangan yang positif.

Rasa syukur menjadi cara melakukan ibadah dengan maksimal yakni memperbanyak ibadah dan dapat dilakukan juga dengan mengurangi perbuatan maksiat atau yang dilarang oleh Allah SWT.

2. Tetapkan niat 

Awal dari perbuatan seorang manusia berpuasa karena adanya niat. Jika niat dari awal sudah baik, maka hal yang akan dilakukan juga selaras dengan niatnya dan begitupun sebaliknya apabila niat seseorang buruk maka juga tercipta nya perbuatan yang buruk.

Niat dengan hati yang mantap menjadi salah satu tips untuk menyambut bulan Ramadan, dilansir dari uinsgd.ac.id niat yang dapat dilakukan yaitu dengan harapan bahwa dalam menjalani bulan Ramadan tahun ini dapat dipenuhi hal-hal yang baik dan dapat berdoa agar tetap istiqomah dalam melakukan hal-hal baik.

3. Melunasi hutang puasa

Jika Anda mempunyai hutang puasa pada tahun lalu maka Anda wajib melunasi hutang tersebut dengan cara berpuasa sebelum Ramadan tiba. Dilansir dari library.umy.ac.id, jika seseorang mempunyai utang puasa pada Ramadan sebelumnya dan tidak dapat melakukan penggantian hutang tersebut dengan cara berpuasa maka dapat dilakukan dengan cara mengeluarkan fidyah.

4. Perdalam ilmu agama

Untuk memaksimalkan ibadah, tentu diperlukan ilmu yang matang dalam melaksanakannya agar apa yang akan dikerjakan tidak sia-sia dan bisa berjalan sesuai syariat dalam agama.

Dilansir dari uinsgd.ac.id, Anda dapat memulai dengan mempelajari apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam menjalankan puasa, mencari tau hal-hal yang membatalkan puasa, dan mencari tau ibadah sunnah yang dapat dilakukan saat puasa sehingga ibadah yang dilakukan menjadi maksimal.

5. Membiasakan untuk membaca Al-Qur’an

Membaca kitab suci Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan oleh para umat muslim, ketika Ramadan banyak umat muslim yang membaca Al-Qur’an dengan memakai target yakni 1 day 1 juz dimana para umat muslim dapat menyelesaikan bacaan nya selama 1 bulan sesuai dengan waktu puasa berlangsung. 

Dilansir dari uinsgd.ac.id, membaca Al-Qur’an pada bulan Ramadan akan mendapatkan nilai pahala yang lebih besar dari bulan lain nya. Oleh karena itu untuk dapat mengkhatamkan Al-Qur’an dibutuhkan kebiasaan membaca nya.

6. Persiapkan materi

Bulan suci Ramadan harus disiapkan dengan matang salah satu nya yakni melalui persiapan materi. Dalam melaksanakan kegiatan ibadah pada bulan Ramadan salah satu hal yang dilakukan yakni melakukan infak, oleh karena itu harus mempunyai persiapan materi yang matang. Dilansir dari library.umy.ac.id, persiapan materi atau finansial juga dibutuhkan untuk keperluan bersahur dan berbuka.

7. Membuat perencanaan

Perencanaan memudahkan seseorang dalam melakukan kegiatan, ketika sudah mempunyai perencanaan maka Anda dapat mengetahui apa saja yang dapat dilakukan ke depan nya. Membuat perencanaan yang matang dapat lebih memaksimalkan Ramadan tahun ini dengan Ramadan sebelumnya. 

Dilansir dari lampung.nu.or.id, perencanaan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadhan yakni dengan memaksimalkan ibadah seperti, mempunyai target untuk mengkhatamkan Al-Qur’an, melakukan sholat malam, melakukan sedekah, menghadiri pengajian dan membaca buku-buku tentang agama islam.

8. Persiapan fisik dan mental

Menjalani bulan Ramadhan membutuhkan fisik, jiwa dan mental yang kuat. Ketika berpuasa maka fisik yang dipakai untuk beraktivitas harus sehat dan kuat agar ibadah yang dijalankan tidak terganggu. Dilansir dari library.umy.ac.id melatih fisik untuk menyambut bulan Ramadan dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur, memperbanyak minum air putih dan penting untuk melengkapi asupan vitamin.

Bukan hanya fisik yang harus dipersiapkan, mental juga sangat penting untuk dipersiapkan. Ketika seorang umat muslim memiliki mental yang baik maka dapat mempermudah ibadah yang dilaksanakan.

Dilansir dari library.umy.ac.id, mempunyai mental yang siap dapat membantu seseorang untuk menyambut bulan Ramadan, dengan mental yang baik maka seseorang dapat mengatasi kemalasan dalam beribadah.

9. Berlatih menahan diri

Sebagai manusia tentunya memiliki hawa nafsu, oleh karena itu dalam menjalankan Ramadan yang dilakukan dengan cara berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam diperlukan pengendalian diri yang baik.

Dilansir dari library.umy.ac.id, Anda dapat berlatih mengendalikan diri sebelum bulan Ramadan tiba sehingga ketika bulan Ramadan Anda sudah terbiasa mengendalikan diri,

10. Membersihkan lingkungan rumah

Dalam menyambut bulan Ramadan tidak hanya perlu hati yang bersih, membersihkan rumah dan lingkungan menjadi langkah yang diambil untuk menyambut bulan Ramadan.

Anda dapat melakukannya dengan cara bergotong royong bersama keluarga untuk membersihkan rumah, dengan bergotong royong juga dapat meningkatkan kehangatan dan kedekatan antar keluarga. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper