Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polri Kerahkan 195.819 Personel Awasi Seluruh TPS Pemilu 2024

Polri mengerahkan sebanyak 195.819 personel untuk mengamankan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS.
Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menyiapkan surat suara saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum 2024 di lereng Gunung Merbabu, TPS 1, Jeruk, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023).  ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom.
Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menyiapkan surat suara saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum 2024 di lereng Gunung Merbabu, TPS 1, Jeruk, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/tom.

Bisnis.com, JAKARTA - Polri mengerahkan sebanyak 195.819 personel untuk mengamankan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pelaksanaan pemungutan suara 14 Februari besok.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan ratusan ribu personel itu bakal disebar menjelang hari pencoblosan dan akan melakukan berkoordinasi dengan petugas TPS setempat.

"Sudah saling mengecek jadi beberapa tempat sudah jalan ke TPS. Jadi kita ingin memastikan tahapan pemilu harus berjalan dengan aman, oleh karen itu petugas di lapangan sangat aktif untuk menyiapkan nanti PAM [pengaman] TPS," tuturnya kepada wartawan, dikutip Selasa (13/2/2024).

Dia juga menekankan bahwa pihaknya telah membagi pejabat tinggi Polri mulai dari setingkat Kombes Pol hingga Jenderal Bintang Dua untuk mengawal jalannya TPS di seluruh wilayah.

"Setiap tim dibagi habis untuk memonitor pelaksanaan pemilu di masing-masing provinsi. Jadi kalau memang nanti ada yang sifatnya incidentil atau mungkin ada hal-hal yang lainnya apakah Pak Kapolri mau turun atau tidak, nanti melihat perkembangan berikutnya," tambahnya.

Sementara itu, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan sebelumnya Polda jajaran telah melakukan apel pasukan menjelang hari pencoblosan.

Terlebih, baik satuan di tingkat Polres dan Polda telah melakukan pemetaan kerawanan pada TPS di wilayahnya masing-masing untuk mengetahui ancaman yang ada.

Kendati demikian, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar turut serta menjaga keamanan dan ketertiban sehingga mendapatkan pemilu yang aman, damai, dan tentunya bermartabat.

"Tentunya kami juga mengimbau seluruhnya tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Sehingga pemilu seperti yang sudah disampaikan aman, damai dan tentunya bermartabat ya," pungkas Truno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper