Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahas Krisis Iklim, Gibran Sindir Cak Imin Baca Teks Saat Debat

Pembahasan krisis iklim, produksi pangan, hingga lahan pertanian dalam debat cawapres diwarnai saling sindir antara Gibran Rakabuming dengan Cak Imin.
Debat Cawapres Cak Imin vs Gibran.
Debat Cawapres Cak Imin vs Gibran.

Bisnis.com, JAKARTA — Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyindir Cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat sesi debat cawapres.

Gibran mengatakan Cak Imin membaca teks saat menjawab pertanyaan moderator tentang upaya mitigasi krisis iklim dan dampak terhadap kualitas produksi pangan sekaligus sumber daya manusia (SDM).

"Enak banget ya Gus [Imin] jawabnya sambil baca catatan," kata Gibran saat sesi debat cawapres di Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Mendengar sindiran Gibran itu, Cak Imin terlihat senyum tipis sembari melempar pandangan jauh ke penonton yang hadir.

Gibran melanjutkan jawabannya dengan program ekstensifikasi dan intensifikasi lahan pertanian untuk menanggapi persoalan krisis iklim tersebut.

"Tahun lalu, kita sudah bangun pabrik pupuk di Fakfak, kuncinya untuk meningkatkan produktivitas kita genjot kawasan industri pupuk, kita dekatkan pupuk dengan lahan-lahan pertanian," kata dia.

Sementara itu, Cak Imin sebelumnya berpendapat pelibatan petani dalam pengolahan lahan terbilang minim saat ini. Pemerintah, kata dia, lebih banyak melibatkan korporasi untuk mengerjakan lahan pangan.

"Petani kita harus diberi pupuk yang cukup, potensi pupuk organik juga penting agar produksi pertanian kita lebih berkualitas," kata dia.

Selain itu, Cak Imin menambahkan, program gagal panen juga mesti dijamin pemerintah untuk meningkatkan produksi dari petani-petani di daerah.

"Kita berikan supaya petani aman dan yakin dengan produksinya," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper