Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Wilayah dengan Peringatan Tsunami di Jepang

Sejumlah prefektur di sisi barat Jepang masih mencatatkan tsunami warning akibat gempa berkekuatan 7,6 skala richter pada Senin sore.
Jalan rusak usai gempa  7,6 magnitudo mengguncang  Semenanjung Noto, Prefektur Ishikawa, pada Senin (1/1/2024) pukul 16.10 waktu setempat/Reuters
Jalan rusak usai gempa 7,6 magnitudo mengguncang Semenanjung Noto, Prefektur Ishikawa, pada Senin (1/1/2024) pukul 16.10 waktu setempat/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Peringatan tsunami Jepang masih berlaku di sejumlah prefektur sisi barat Negeri Matahari Terbit pada Senin (1/1/2024) malam. Warga pun masih dihimbau untuk tetap waspada terhadap gelombang tsunami.

Dilansir dari NHK, Japan Meteorological Agency telah menurunkan status kedaruratan dari peringatan besar tsunami (major tsunami warning) menjadi peringatan tsunami (tsunami warning), terutama di prefektur Ishikawa sebagai pusat gempa Jepang.

Hingga Senin (1/1/2024) pukul 20:36 WIB atau pukul 22:36 waktu Jepang, tsunami warning masih berlaku di 8 prefektur. Status tsunami warning berarti gelombang tsunami mendekati pesisir pantai dan terdapat kemungkinan gelombang menghantam berulang kali.

Warga dihimbau untuk mengevakuasi diri secepat mungkin dan tetap berada di lokasi yang aman hingga semua peringatan dicabut.

Peringatan tsunami atau tsunami warning masih berlaku di prefektur Yamagata; Niigata Pref's Joetsu, Chuetsu, Kaetsu; Pulau Sado, Niigata; Toyama; Noto, Ishikawa; Kaga, Ishikawa; Fukui; dan Hyogo Utara.

Gelombang dilaporkan telah menyentuh pesisir pantai tersebut, dengan tinggi gelombang diperkirakan dapat mencapai 3 meter.

Sementara itu, di sejumlah prefektur lainnya berlaku status tsunami advisory atau waspada tsunami. Hal itu berarti warga yang berada di prefektur-prefektur terkait harus menjauh dari pesisir pantau dan mulut sungai yang dapat terdampak oleh gelombang.

Status tsunami warning di Jepang hingga Senin (1/1/2024) malam. / dok. NHK
Status tsunami warning di Jepang hingga Senin (1/1/2024) malam. / dok. NHK

Dilaporkan bahwa tsunami setinggi 1,2 meter telah menerjang kota di wilayah barat Jepang setelah gempa 7,6 skala richter mengguncang Semenangjung Noto, Prefektur Ishikawa pada Senin (1/1/2024) sore.

"Kota ini dilanda tsunami setinggi setidaknya 1,2 meter, yang terbesar yang dilaporkan oleh NHK," seperti dilansir dari Bloomberg pada Senin (1/1/2024).

***

UPDATE: Japan Meteorological Agency telah menurunkan status tsunami warning di Jepang. Baca informasi selengkapnya di tautan berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper