Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reaksi TPN Usai Ganjar-Mahfud Duduk di Peringkat Terbawah Survei CSIS

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud meyakini pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD tetap akan masuk ke putaran kedua Pilpres 2024.
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (depan kiri) dan Mahfud MD (depan kanan)/ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (depan kiri) dan Mahfud MD (depan kanan)/ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud meyakini pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD tetap akan masuk ke putaran kedua Pilpres 2024, meski survei terbaru Centre for Strategi and International Studies (CSIS) menempatkan Ganjar-Mahfud di peringkat terakhir.

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, menjelaskan pihaknya belakangan memang memantau sembilan lembaga survei, termasuk CSIS. Menurutnya, lembaga survei kerap menepatkan pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming di peringkat pertama.

Sementara itu pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar-Mahfud selalu bersaing di peringkat kedua. Menurutnya, paslon yang berada di peringkat kedua dan ketiga kerap berbeda-beda di sejumlah lembaga survei.

Oleh sebab itu, Andy mengaku TPN Ganjar-Mahfud tidak hanya menggunakan basis data lembaga survei konvensional dalam memprediksi hasil Pilpres 2024. TPN Ganjar-Mahfud, lanjutnya, juga mengganggu data focus group discussion (FGD) yang mereka gelar di puluhan kota dan data analisis media.

"Ramalan kami berdasarkan triangulasi [analisis data dari survei, FGD, dan analisis media] yang kami lakukan, putaran kedua akan terjadi dan yang akan bertarung di putaran kedua 02 [Prabowo-Gibran] lawan 03 [Ganjar-Mahfud]," jelas Andi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2023).

Sebelumnya, survei terbaru CSIS pada 13-18 Desember 2023 menunjukkan Prabowo-Gibran memperoleh 43,7% suara. Sementara itu, Anies-Imin berada di peringkat kedua dengan 26,1% suara.

Sementara Ganjar-Mahfud berada di peringkat ketiga alias terakhir dengan 19,4% suara. Sedangkan, yang belum menentukan pilihan dan tidak jawab ada 10,9%.

CSIS juga menanyakan kepada responden soal kemantapan menentukan pilihan. Hasilnya, 75,2% sudah mantap; sedangkan 24,8% masih bimbang atau belum mantap.

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes menyimpulkan peluang satu atau dua putaran Pilpres 2024 masih sama-sama terbuka. Menurutnya, semua paslon masih punya peluang sebab swing voters (pemilih yang masih bimbang) masih cenderung tinggi.

"Dari ketiga calon, masih ada waktu. Masih ada harapan untuk melakukan kerja-kerja politik," jelas Arya saat memaparkan hasil survei di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper