Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Densus 88 Amankan 18 Teroris Jelang Natal dan Tahun Baru 2024

18 tersangka teroris telah diamankan polri menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan pihaknya telah mengamankan 18 tersangka teroris menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Dia mengatakan bahwa pengamanan di tempat ibadah, khususnya di gereja telah menjadi atensi kepolisian untuk kelancaran selama perayaan Nataru 2024.

"Termasuk kita sudah mengamankan 18 orang yang saat ini kita lakukan pendalaman. Diamankan oleh teman-teman Densus 88," kata Listyo saat mengunjungi Gereja Katedral, Minggu (24/12/203).

Di sisi lain, Jubir Detasemen Khusus (Densus) Anti-teror Polri 88, Kombes Aswin Siregar menyebutkan bahwa ke-18 orang tersangka teroris itu telah ditangkap selama Desember 2023.

Aswin merincikan bahwa 18 orang tersangka itu diamankan di beberapa wilayah Indonesia, antara lain 12 orang di Jawa Tengah, tiga orang di Banten, satu orang di Jawa Barat, satu orang di Kalimantan Tengah dan satu orang di Sumatera Utara.

"Benar itu [18 orang] penangkapan selama bulan Desember, yaitu di Jateng 12 orang, Banten 3, Jabar 1, Kalteng 1 dan Sumur 1 orang," tambahnya.

Sebagai informasi, Densus 88 sebelumnya telah meringkus sembilan orang tersangka teroris Jemaah Islamiah (JI) pada (14/12/2023) di wilayah Jateng, dan tiga tersangka teroris di Banten kelompok Nusantara Islam Indonesia (NII) pada Sabtu (16/12/2023).

Sebelumnya, Karopenmas Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan secara total Densus 88 telah menangkap 142 tersangka teroris di berbagai wilayah Indonesia sepanjang tahun 2023.

Ramadhan mengatakan dari 142  tersangka itu 16 di antaranya masih diperiksa penyidik Densus 88. Sementara itu, 101 tersangka teroris telah masuk dalam proses penyidikan dan 23 tersangka lainnya segera disidangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper