Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Densus 88 Bantah Dua Kelompok Teroris di Banten dan Jateng Terkait dengan Perayaan Nataru

Densus 88 Antiteror Polri membantah anggota dari dua kelompok teroris di Jawa Tengah dan Banten terkait dengan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.
Borgol-Ilustrasi/Wire
Borgol-Ilustrasi/Wire

Bisnis.com, JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri membantah anggota dari dua kelompok teroris di Jawa Tengah dan Banten terkait dengan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. 

Sebelumnya, Densus 88 telah meringkus sembilan orang tersangka teroris Jemaah Islamiah (JI) pada (14/12/2023) di wilayah Jateng, dan tiga tersangka teroris di Banten kelompok Nusantara Islam Indonesia (NII).

Juru Bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan anggota dari kelompok tersebut tidak terkait dengan perayaan Natal 2024.

"Tidak ada [terkait Nataru 2024] ya," kata Aswin di Bareskrim Mabes Polri, Rabu (20/12/2023).

Lebih lanjut, Aswin menjelaskan peran dari sembilan orang tersangka teroris yang ditangkap di Jateng merupakan petinggi kelompok JI yang meliputi daerah Sukoharjo, Sragen, Klaten dan Boyolali.

Kemudian, Densus 88 juga menangkap tiga tersangka teroris di Banten kelompok NII di antaranya A dan H merupakan petinggi NII di tingkat Provinsi, khususnya Banten, sementara untuk tersangka S merupakan anggota struktur di tingkat Nasional.

Aswin menambahkan bahwa melalui penangkapan tiga tersangka itu pihaknya bakal melakukan pemetaan jaringan kelompok NII yang ada di Indonesia. 

"Kita akan terus melakukan penegakkan hukum terhadap mereka mereka yang punya tujuan untuk mengganti ideologi atau melawan pemerintahan yang sah dan ingin membentuk atau mengedepankan ideologi kelompok tersebut," pungkas Aswin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper