Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Debat Cawapres: Gibran Siap Beri Kejutan, Cak Imin Banyak Istirahat

Gibran diklaim sudah terbiasa dan siap beri kejutan dalam Debat Cawapres, sedangkan Cak Imin memilih banyak istirahat dan Mahfud MD fokus rebut hati rakyat.
Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka / BISNIS - Surya Dua Artha
Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka / BISNIS - Surya Dua Artha

Bisnis.com, JAKARTA – Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka diklaim telah terbiasa menghadapi permasalahan ekonomi jelang Debat Cawapres pada Jumat (22/12/2023) malam.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gibran Center, Fathul Nugroho optimistis Gibran mampu memberikan kejutan dalam debat Cawapres dengan tema seputar ekonomi. Pasangan calon presiden Prabowo Subianto ini diklaim sudah terbiasa dengan permasalahan ekonomi karena latar belakangnya sebagai pengusaha dan juga Wali Kota Solo.

"Tidak ada persiapan khusus, karena Gibran sudah paham sekali tentang potensi dan tantangan bangsa di bidang ekonomi, khususnya ekonomi digital dan kewirausahaan," katanya dalam siaran pers, Jumat (22/12/2023).

Dia memprediksi Gibran mampu menangkis dan menjawab dengan baik serangan pertanyaan dari cawapres lain yang diprediksi akan dilakukan seperti di debat pertama. Adapun, ukuran sukses dalam debat bukan dari seberapa banyak bicara dan keliahaian merangkai kata, melainkan dari kualitas konten pembicaraan dan tindakan nyata.

Dalam debat malam ini, lanjutnya, Gibran akan menyoroti pentingnya mengembangkan ekonomi digital sebagai salah satu strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Hal yang akan dibahas adalah tentang pentingnya penguasaan teknologi digital, pengembangan infrastruktur digital, serta perlindungan dan keamanan data dalam ekosistem digital khususnya untuk kalangan milenial dan GenZ.

Gibran juga akan membahas tentang pentingnya kewirausahaan dalam menggerakkan ekonomi digital. Prabowo-Gibran akan menekankan perlunya menciptakan ekosistem yang mendukung bagi para pengusaha muda untuk berkembang dan berinovasi.

Sementara itu, cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan sudah membaca kembali visi misi dirinya pada sektor ekonomi untuk debat esok malam.

“Saya mencoba membaca kembali semua visi misi itu, karena yang paling penting dari substansi debat adalah kita menyampaikan rencana dan gagasan sehingga masyarakat mendukung gagasan dan rencana itu,” kata Cak Imin saat ditemui di Hotel Aryaduta, berdasarkan catatan Bisnis.com, Kamis (21/12/2023).

Secara terpisah, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengatakan cawapres Mahfud MD akan fokus pada penyampaian visi misi dan gagasan untuk merebut hati rakyat ketimbang menyerang lawan.

TPN menerangkan Mahfud telah menyiapkan program-program unggulan, khususnya dalam bidang pembangunan ekonomi yang bermanfaat bagi rakyat untuk dibagikan pada saat debat cawapres perdana.

“Fokus utama dari strategi Pak Mahfud dalam debat cawapres pada esok itu adalah bagaimana fokus untuk merebut hati rakyat, dengan menawarkan gagasan atau program ekonomi yang bukan hanya diinginkan dan dibutuhkan,” ujar Mirza Ahmad di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, seperti dilansir dari Antara, Kamis (21/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper