Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus, Asal Usul hingga Makanannya

Simak beberapa perbedaan Sinterklas dan Santa Claus sosok yang membagikan hadiah Natal kepada anak-anak.
Simak perbedaan Sinterklas dan Santa Claus - Heavenly Holland
Simak perbedaan Sinterklas dan Santa Claus - Heavenly Holland

Bisnis.com, JAKARTA - Natal merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang di seluruh dunia, juga menjadi saat di mana kita merayakan kedatangan Sinterklas atau Santa Claus.

Adapun sosok Sinterklas atau Santa Claus sangat dinantikan oleh anak-anak karena mereka merupakan tokoh yang membagikan kepada anak-anak di Hari Natal.

Namun, tahukah Anda bahwa di balik baju merah dan janggut putih besar mereka, Sinterklas dan Santa Claus memiliki perbedaan yang menarik?

Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus

Mari kita telusuri perbedaan yang menarik antara Sinterklas dan Santa Claus, dan menggali cerita di balik kedua legenda Natal ini.

1. Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus Dilihat dari Waktu Pembagian Hadiah

Sinterklas, dengan distribusi hadiahnya pada 5 Desember, memberikan sentuhan awal pada perayaan natal. Beberapa masyarakat bahkan mengadakan parade Sinterklas di pertengahan bulan November. Di sisi lain, Santa Claus melakukan perjalanan pada malam 24 Desember, berkunjung ke setiap atap dan cerobong asap untuk mengantarkan hadiah kepada anak-anak yang sangat menantikannya.

2. Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus dari Asal Cerita

Sinterklas dianggap sebagai inkarnasi dari Santo Nikolas, pelindung anak-anak yang telah dihormati sejak Abad Pertengahan. Sementara itu, Santa Claus merupakan karakter campuran dari Sinterklas, Bapak Natal, dan Santo Nikolas, yang debutnya di Amerika terjadi tak lama setelah pendudukan Belanda.

3. Perbedaan Penampilan Sinterklas dan Santa Claus

Sinterklas tampil dengan pakaian religius yang terinspirasi dari ikonografi, memakai gaun merah kepausannya dengan alb uskup putih dan mitra merah yang berhiaskan salib. Di sisi lain, Santa Claus hadir dengan pakaian yang lebih sederhana, balutan merah dengan lis putih dan ikat pinggang hitam tebal.

4. Perbedaan Kendaraan Sinterklas dan Santa Claus

Sinterklas datang dengan perahu dari Spanyol dan menunggangi kuda putih bernama Amerigo ketika tiba di Belanda. Santa Claus, di sisi lain, mengendarai kereta luncur yang ditarik oleh sembilan rusa yang terkenal, termasuk Rudolph yang memiliki hidung merah bercahaya.

5. Perbedaan Kehidupan dan Rumah Sinterklas dan Santa Claus

Sinterklas digambarkan sebagai seorang bujangan yang menghabiskan sebagian besar waktunya di Spanyol, sementara Santa Claus memiliki markas di Kutub Utara dengan istrinya dan rusa-rusanya.

6. Perbedaan Syarat dan Ketentuan Sinterklas dan Santa Claus

Sinterklas melacak perilaku baik anak-anak melalui buku besar dan menyimpan hadiah di sepatu mereka. Namun, ada desas-desus tentang nasib anak-anak nakal yang dibawa ke Spanyol dalam karungnya. Di sisi lain, Santa Claus lebih suka meninggalkan hadiah di bawah pohon Natal.

7. Perbedaan Makanan Kesukaan Sinterklas dan Santa Claus

Sinterklas dikenal sebagai pertapa yang memberikan permen kepada anak-anak, namun tidak ada makanan favorit yang spesifik terkait dengannya. Santa Claus, di sisi lain, memiliki beberapa makanan kesukaan seperti kue, susu, wiski, dan pai cincang.

Perbedaan yang menarik di antara keduanya mencerminkan kekayaan tradisi yang berbeda di belahan dunia yang berbeda pula. Meskipun memiliki beberapa perbedaan, Santa Claus dan Sinterklas juga memiliki beberapa persamaan. Kedua sosok ini sama-sama digambarkan sebagai sosok yang baik hati dan suka menolong.

Mereka juga sama-sama membawakan hadiah untuk anak-anak yang berperilaku baik. Selain itu, Santa Claus dan Sinterklas juga sama-sama dikaitkan dengan perayaan Natal. Kedua sosok ini menjadi simbol dari kegembiraan dan harapan yang menyertai perayaan Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rendi Mahendra
Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper