Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Israel Netanyahu Tolak Serahkan Kendali Gaza ke Otoritas Palestina

PM Israel Benjamin Netanyahu menolak kendali Gaza diberikan ke Presiden Palestina Mahmoud Abbas.
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu./REUTERS-Ammar Awad
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu./REUTERS-Ammar Awad

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan otoritas Palestina yang dipimpin oleh Mahmoud Abbas tidak mampu mengambil alih Jalur Gaza, setelah operasi militer Israel di sana. 

Dia meyakini tidak mungkin menyerahkan Jalur Gaza kepada Abbas setelah tentara Israel berjuang untuk wilayah tersebut.

“Saya kira otoritas Palestina saat ini tidak dapat mengambil tanggung jawab atas Jalur Gaza,” katanya dalam konferensi pers, dilansir TASS, Minggu (19/11/2023). 

Lebih lanjut, dia mengklaim bahwa Abbas belum mengutuk serangan terhadap Israel yang dilakukan oleh sayap bersenjata Hamas pada 7 Oktober 2023.

“Para pejabat tinggi Abbas memperingati tanggal 7 Oktober, otoritas Palestina memberikan tunjangan kepada para teroris yang dipenjara, dan Anda tahu apa yang mereka ajarkan kepada anak-anak mereka di sekolah. Jika hal ini tidak berubah, apa yang telah kita capai?," ujarnya. 

Netanyahu menekankan bahwa pada saat Palestina menguasai Gaza, justru kemudian dikalahkan oleh kelompok radikal Hamas. 

"Mereka ada di sana, kita melihat apa yang terjadi. Mereka menguasai Gaza, dan apa yang terjadi setelah itu? Mereka dikalahkan oleh Hamas dan diusir dari sana dalam waktu kurang dari setahun," ucapnya. 

Sementara itu, Netanyahu mempertanyakan pihak selanjutnya yang akan berperang melawan Hamas kalau bukan Israel. "Setelah itu, siapa yang akan berperang melawan teroris, siapa yang akan menjamin keamanan? Harus ada perubahan di sini, saya bersikeras,” katanya. 

Seperti diketahui, ketegangan kembali berkobar di Timur Tengah setelah militan dari kelompok radikal Palestina Hamas yang berbasis di Jalur Gaza melancarkan serangan mendadak ke wilayah Israel, pada 7 Oktober 2023.

Hamas menggambarkan serangannya sebagai respons terhadap tindakan agresif otoritas Israel terhadap Masjid Al-Aqsa di Temple Mount di Kota Tua Yerusalem. 

Israel menanggapi dengan mendeklarasikan blokade total terhadap Jalur Gaza dan melancarkan pemboman terhadap wilayah tersebut dan beberapa wilayah di Lebanon dan Suriah, serta operasi darat terhadap Hamas di Jalur Gaza. Bentrokan juga dilaporkan terjadi di Tepi Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper