Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dapil Bintang di Jabar I: Istri Ridwan Kamil dan Para Artis Bersaing Berebut Kursi di DPR

Daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat (Jabar) I yang terdiri dari Kota Bandung dan Kota Cimahi akan menjadi ajang persaingan
Istri mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya./Instagram @ataliapr.
Istri mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya./Instagram @ataliapr.

Bisnis.com, JAKARTA – Daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat (Jabar) I yang terdiri dari Kota Bandung dan Kota Cimahi akan menjadi ajang persaingan dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2024. Penyebabnya, di dapil tersebut terdapat sejumlah artis atau publik figur yang akan bersaing merebut kursi di DPR RI.

Bahkan, sejumlah bakal caleg petahana kembali tampil pada Pemilu 2024 seperti Sodik Mudjahid, Junico BP Siahaan, Nurul Arifin, Muhamad Farhan, hingga Ledia Hanifah.

Untuk sosok publik figur, dari Gerindra ada Melly Cessy Goeslow dengan nomor urut 1 yang merupakan penyanyi-penulis lagu dan pemeran Indonesia.

Tak hanya itu, terdapat nama Eversti Nevalia dengan nomor urut 3 yang merupakan putri kedua dari pasangan Taufik Hidayat dan Rinrin Merinova. Sang ayah, Taufik Hidayat saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Jawa Barat dan merupakan purnawirawan TNI.

PDI Perjuangan (PDIP) juga banyak mencalonkan sejumlah artis di dapil Jabar I ini. Ada Junico Bisuk Partahi Siahaan atau yang akrab disapa Nico Siahaan adalah seorang pembawa acara televisi, aktor dan politikus Indonesia dengan nomor urut 1 dan pelantun tembang Peri Cinta dan Firasat, yakni Marcellius Kirana Hamonangan Siahaan dengan nomor urut 5.

Golkar juga mencalonkan Nurul Qomaril Arifin dengan nomor urut satu yang juga seorang pemeran dan politikus Indonesia. Sebelum berkarier di dunia politik, dia dikenal sebagai seorang pemeran film. Beberapa film layar lebar yang dibintanginya di antaranya, Istana Kecantikan, Pacar Ketinggalan Kereta, 2 dari 3 Laki-Laki dan Catatan Si Emon.

Kemudian, Atalia Praratya telah menentukan langkahnya terjun ke dunia politik. Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini menjadi kader Partai Golkar dan juga mendaftar bacaleg DPR RI untuk Dapil Jabar 1.

Dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) misalnya, yang mencalonkan Muhammad Farhan dengan nomor urut 1, petahana ini sebelum terpilih menjadi anggota DPR dalam Pemilu Serentak 2019 juga dikenal sebagai host acara televisi dan penyiar radio.

Nama lain yang didaftarkan oleh NasDem adalah Fransisca Joice Triatman (Joice Triatman) nomor urut 6 yang merupakan seorang model, pembawa acara televisi, penyiar berita dan politikus Indonesia. Dia memulai kariernya dari modeling dengan menjadi finalis pada pemilihan Wajah Femina pada 2003.

Selanjutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) turut mencalonkan dokter yang juga merupakan entrepreneur serta influencer Auliya Rahmi Fadlilah, yakni pendiri Auliya Fadlilah Skincare, brand skincare. Dia akan bersaing dengan nomor urut 5.

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) tidak mau kalah. mereka mencalonkan anggota DPR Farhat Abbas dengan nomor urut 1 yang merupakan seorang selebriti dan pengacara berkebangsaan Indonesia. Dia merupakan putra dari pakar hukum Abbas Said

Kemudian, dari Partai Amanat Nasional (PAN) ada nama Muhammad Rasyid Amrullah Rajasa di nomor urut 5, putra bungsu Menko Perekonomian Hatta Rajasa ini pernah terlibat kasus kecelakaan dengan korban dua orang tewas.

Sementara, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mencalonkan Giring Ganesha Djumaryo di nomor urut 1, sebelum menjadi politisi dirinya merupakan pentolan di grup band Nidji sebagai penyanyi, penulis lagu. Dia pun juga terjun di dunia peran dan pengisi suara.

Terakhir, dari Partai Perindo mencalonkan Ferry Kurnia Rizkiyansyah (nomor urut 1) adalah seorang aktivis, pengajar berasal dari Bandung, Jawa Barat, seorang mantan anggota KPU RI dan Clarissa Tanoesoedibjo (nomor urut 2) yang merupakan pengusaha muda serta anak keempat dari pasangan Hary dan Liliana Tanoesoedibjo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri melalui Peraturan KPU (PKPU) No. 6/2023 menetapkan hanya akan ada jatah enam kursi DPR RI untuk dapil Jabar I.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper