Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk DCT Pileg 2024, Puan dan Anaknya Maju di Dapil Jawa Tengah

Puan Maharani dan anaknya resmi masuk dalam Daftar Calon Tetap pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 dengan daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah.
Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan I tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023) - Youtube Setpres
Ketua DPR RI Puan Maharani pada Rapat Paripurna DPR RI Pembukaan Masa Persidangan I tahun Sidang 2023-2024, di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8/2023) - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani dan anaknya resmi masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya telah menerbitkan DCT Anggota DPR Pileg 2024 kemarin, Jumat (3/11/2023). 

Berdasarkan pengumuman DCT Anggota DPR 2024 yang diterbitkan KPU di Harian Kompas hari ini, Sabtu (4/11/2023), Puan terdaftar sebagai caleg PDI Perjuangan atau PDIP pada Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah V. Sementara itu, putrinya yakni Dian Pikatan O. Putri Haprani maju sebagai caleg PDIP pada Dapil Jawa Tengah IV. 

Untuk diketahui, Puan saat ini menjabat sebagai Ketua DPR. Perempuan yang juga menduduki jabatan Ketua DPP PDIP itu sebelumnya telah beberapa kali maju sebagai caleg dari Dapil Jawa Tengah V. 

Puan pertama kali maju sebagai caleg pada Pileg 2009 dari Dapil Jawa tengah V. Saat itu, dia berhasil mendapatkan kursi di DPR ketika PDIP berada di barisan oposisi dari pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Kemudian, Puan kembali mendapatkan kursi di parlemen pada Pileg 2014 saat kader partainya, Joko Widodo, juga memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) atas Prabowo Subianto. Namun, Puan diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) pada Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla 2014-2019. 

Kemenangan Jokowi dan PDIP terulang kembali pada 2019, dan Puan kembali ke parlemen dan menjadi Ketua DPR periode 2019-2024. PDIP pun menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak di parlemen saat ini. Partai yang dipimpin Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri itu menjadi satu-satunya partai yang bisa mencalonkan presiden tanpa harus berkoalisi lagi. 

Pencalonan kembali Puan di DPR sebelumnya telah diketahui saat PDIP mengajukan 580 daftar bakal caleg DPR pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebagian besar anggota DPR petahana kembali didaftarkan untuk Pemilu 2024.

"Dari 580 calon anggota legislatif, sebagian besar yang dicalonkan tentu saja juga berasal dari anggota legislatif incumbent itu ada 128, semuanya dilakukan evaluasi dan juga sebagian besar dicalonkan kembali, kecuali ada penugasan lain," jelas Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023). 

Dia mengungkap daftar bakal caleg PDIP sudah memenuhi syarat keterwakilan perempuan minimal 30 persen. Menurutnya, dari seluruh yang diajukan, 33 persennya merupakan perempuan. Selain Puan, pejabat petahana yang kembali mendaftarkan diri sebagai caleg yakni Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper