Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permukaan Air Laut Terancam Naik 2,1 Meter Akibat Gletser di Greenland Bermasalah

Di puncak dunia, gletser besar di Greenland bagian Utara yang selama ini dianggap relatif stabil berada dalam masalah.
Puncak Punta Rocca terlihat setelah bagian dari gletser Marmolada runtuh di Pegunungan Alpen Italia, Senin (4/7/2022). Glester tersebut runtuh di tengah rekor suhu dan menewaskan sedikitnya enam orang. REUTERS/Borut Zivulovic
Puncak Punta Rocca terlihat setelah bagian dari gletser Marmolada runtuh di Pegunungan Alpen Italia, Senin (4/7/2022). Glester tersebut runtuh di tengah rekor suhu dan menewaskan sedikitnya enam orang. REUTERS/Borut Zivulovic

Bisnis.com, JAKARTA - Di puncak dunia, gletser besar di Greenland bagian Utara – yang selama ini dianggap relatif stabil berada dalam masalah.

Ketika lautan memanas, lapisan es terakhir di Greenland dengan cepat melemah, mengganggu kestabilan gletser di dekatnya dan mengancam potensi konsekuensi “dramatis” terhadap kenaikan permukaan laut, menurut penelitian yang diterbitkan Selasa (7/11/2023) di Nature Communications.

Melansir CNN, rak es adalah lidah es mengambang yang menjorok ke lautan dan bertindak sebagai bendungan yang menahan gletser di daratan dan memperlambat hilangnya es. Ketika es tersebut mencair dan melemah, semakin banyak es di daratan yang dapat meluncur ke lautan, sehingga menambah kenaikan permukaan laut.

Para ilmuwan menganalisis delapan lapisan es yang menopang gletser di Greenland Utara, yang bersama-sama menampung cukup es untuk menaikkan permukaan laut sebesar 2,1 meter hampir 7 kaki jika es tersebut pecah dan mencair sepenuhnya.

“Gletser ini adalah salah satu lapisan es terpenting,” uajr Romain Millan, ahli glasiologi di Universitas Grenoble Alpes di Prancis dan penulis penelitian tersebut, mengatakan kepada CNN.

 Itu adalah gletser terbesar di Greenland.

Meskipun gletser di bagian lain Greenland mulai berkurang massanya pada tahun 1980-an dan 1990-an, katanya, sejauh ini gletser di Greenland bagian Utara “tetap relatif stabil.”

Namun hal ini tampaknya tidak lagi terjadi, menurut penelitian. Millan dan rekan penulisnya menggunakan ribuan citra satelit, bersama dengan model iklim dan pengukuran dari lapangan, untuk lebih memahami faktor pendorong dan waktu terjadinya perubahan historis dan terkini pada lapisan es.

Mereka menemukan peningkatan kehilangan lapisan es yang “substansial dan meluas”. Sejak tahun 1978, lapisan es yang menopang gletser di Greenland bagian utara telah kehilangan lebih dari 35% total volumenya, menurut penelitian tersebut. Sejak awal tahun 2000-an, tiga gletser telah runtuh sepenuhnya, dan lima sisanya mencair dan mengganggu stabilitas gletser di sekitarnya.

“Kami dapat melihat bahwa lapisan es melemah,” kata Millan, dan itu adalah informasi penting baru yang tidak kami ketahui, karena kami mengira bagian Greenland ini benar-benar stabil.”

Hilangnya es disebabkan oleh berbagai faktor, menurut studi tersebut, termasuk peningkatan pembentukan batu es bongkahan es yang pecah membentuk gunung es dan pencairan permukaan.

Namun penyebab utamanya adalah pencairan basal, yaitu arus laut yang hangat mencairkan es dari bawah. Studi tersebut menemukan bahwa antara tahun 2000 dan 2020, terjadi peningkatan luas dalam laju pencairan basal yang diikuti dengan kenaikan suhu laut.

Para ilmuwan mencatat dampak langsung terhadap gletser. Ketika lapisan es mencair, “garis dasar titik di mana gletser berhenti menyentuh tanah dan mulai mengapung semakin menyusut, demikian temuan studi tersebut

“Batas alam ini merupakan parameter kunci yang menunjukkan stabilitas gletser,” kata Millan.

Ketika garis landasan menyusut, tambahnya, pelepasan es ke laut juga mulai meningkat.

Jika lautan terus memanas, hal ini dapat melemahkan lapisan es secara permanen, kata Millan, dan dalam jangka waktu tertentu, bahkan bisa runtuh, yang bisa berdampak signifikan terhadap kontribusi lapisan es Greenland terhadap kenaikan permukaan laut.

Wilayah ini sudah memainkan peran yang besar. Antara tahun 2006 dan 2018, mencairnya lapisan es Greenland berkontribusi terhadap lebih dari 17% kenaikan permukaan laut, menurut laporan tersebut.

Millan mengatakan tidak mungkin memberikan jangka waktu kapan keruntuhan seperti itu bisa terjadi, namun perubahan telah terjadi dengan cepat sejak awal tahun 2000-an.

Tergantung Polusi

Masa depan gletser akan sangat bergantung pada apa yang dilakukan dunia untuk mengurangi polusi yang menyebabkan pemanasan global.

Laporan tersebut menyerukan pemantauan berkelanjutan untuk menilai dengan lebih baik bagaimana lapisan es akan merespon perubahan iklim dan, khususnya, untuk melanjutkan temuan penelitian tentang proses kompleks pencairan basal dan potensi dampak terhadap kenaikan permukaan laut.

“Hal ini pada akhirnya akan memberikan wawasan tentang masa depan gletser ini serta nasib lapisan es yang lebih besar di Antartika,” menurut laporan tersebut.

Sebuah penelitian baru-baru ini di Antartika menemukan bahwa mencairnya lapisan es di benua itu dengan cepat kini mungkin “tidak dapat dihindari” karena pencairan dari bawah.

Sophie Nowicki, pakar lapisan es di departemen geologi di Universitas Buffalo, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan temuan penelitian ini penting karena wawasan yang mereka berikan mengenai sumber dan pemicu perubahan lapisan es Greenland.

“Yang baru adalah catatan jangka panjang dan pandangan holistik tentang evolusi lapisan es. Kami tahu bahwa pencairan dasar lapisan es berkaitan dengan suhu laut, namun yang menarik dari penelitian ini adalah penelitian ini memberikan gambaran yang lebih baik tentang waktu dan besarnya perubahan.”

Studi ini juga menambah pemahaman keseluruhan tentang bagaimana wilayah kutub merespons krisis iklim yang disebabkan oleh manusia, kata Nowicki. (Andy Repi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper