Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diusulkan Cawapres Prabowo, Status Gibran Kader Golkar atau Masih PDIP?

Gibran resmi diusulkan Golkar jadi cawapres Prabowo, tapi hingga saat ini status keanggotaan Gibran di PDIP maupun Golkar masih belum jelas.
Gibran Rakabuming Raka tiba di kantor DPP Partai Golkar Anggrek Neli di Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023). JIBI/Bisnis-Anshary Madya Sukma
Gibran Rakabuming Raka tiba di kantor DPP Partai Golkar Anggrek Neli di Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023). JIBI/Bisnis-Anshary Madya Sukma

Bisnis.com, JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka resmi diusulkan Golkar jadi cawapres Prabowo. Namun, hingga saat ini status keanggotaan Gibran baik di PDIP maupun Golkar masih belum jelas.

Berdasarkan pantauan Bisnis di kantor DPP Partai Golkar pada Sabtu (21/10/2023), dia tiba pukul 12.50 WIB mengenakan baju batik berwarna biru bercorak cokelat.

Dia kemudian diperkenalkan kepada senior partai mulai dari Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, hingga Waketum Golkar Bambang Soesatyo.

Selanjutnya, Gibran dibawa ke acara konferensi pers di gedung yang sama. Namun, hingga momen-momen tersebut Gibran maupun Golkar masih enggan memerinci soal status keanggotaan Gibran di Partai Golkar.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto hanya menjelaskan bahwa saat ini pihaknya baru memberikan rancangan keputusan dari rapat pimpinan nasional (rapimnas) Golkar.

Sebagaimana diketahui, rapimnas tersebut memuat deklarasi Golkar yang mendukung Gibran untuk menjadi pendamping Prabowo di Pilpres 2024.

"Barusan kami sudah menyerahkan keputusan dari pada pleno partai Golkar yang dihadiri oleh seluruh pengurus DPP dan DPD seluruh Indonesia diserahkan kepada mas Gibran Rakabuming Raka," kata Airlangga di Kantor DPP Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Gibran hanya menyatakan bahwa rancangan putusan itu bakal dikoordinasikan dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

"Saya mengapresiasi hasil rapimnas, untuk selanjutnya akan dikoordinasikan dan akan ditindaklanjuti bersama pak Prabowo," kata Gibran.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono memberi kode putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran akan bergabung ke Partai Golkar. Apalagi, dia mendengar cawapres pendamping Prabowo Subianto akan berasal dari Partai Golkar.

Agung menyatakan, jikapun cawapres Prabowo bukan kader Golkar maka dia akan 'di-Golkar-kan' terlebih dahulu. Menurutnya, peng-Golkar-an itu tidak berarti langsung menjadi kader partai melainkan bisa bergabung terlebih dahulu ke organisasi sayap seperti Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

"Saya mendengar ada komitmen bahwa slot untuk cawapres KIM dari Partai Golkar. Kalaupun bukan dari Golkar, akan 'di-Golkar-kan' dulu, bisa melalui AMPI atau ormas hasta karya lainnya," ungkap Agung dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper