Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud MD Cawapres Ganjar, Pengusaha Blak-blakan Capres Favorit

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bicara soal capres Ganjar Pranowo yang resmi menggandeng Mahfud MD sebagai cawapres di Pilpres 2024.
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD resmi menjadi cawapres dari capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024./Youtube
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD resmi menjadi cawapres dari capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024./Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Kalangan pengusaha angkat bicara soal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang resmi menggandeng Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta Widjaja Kamdani meyakini capres dan cawapres yang telah diusung partai politik (parpol) sudah melalui banyak proses pertimbangan. Parpol akan memilih kandidat yang mumpuni untuk maju berkompetisi di pesta demokrasi.

"Saya rasa baik-baik saja [Ganjar dengan Mahfud]. Semua [parpol] pasti sudah memilih yang terbaik," ujar Shinta saat ditemui usai menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 di ICE BSD, Rabu (18/10/2023).

Kendati demikian, Shinta menekankan bahwa pengusaha berharap capres dalam Pilpres 2024 dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif. Musababnya, Indonesia hanya punya sisa waktu 10 tahun lagi untuk bisa memanfaatkan bonus demografi dan beranjak menjadi negara maju.

Pemimpin yang mendukung penciptaan lapangan usaha menjadi yang ditunggu-tunggu para pebisnis. Selain itu, pengusaha ingin agar pemimpin selanjutnya usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser adalah seseorang yang dapat mendorong daya saing Indonesia dan mengembangakan sumber daya manusia (SDM).

"Ya itu pastinya," tutur Shinta.

Lebih lanjut, Shinta menegaskan agar pemerintah terus menjaga keamanan dan stabilitas politik jelang Pemilu 2024 yang semakin dekat. Situasi yang kondusif, kata dia menjadi penting untuk menjaga iklim investasi dan menarik investor masuk ke Indonesia.

Shinta pun mengaku bahwa Apindo telah membuat roadmap (peta jalan) secara sektoral dengan rekomendasi kebijakan yang spesifik untuk perbaikan. Rekomendasi dari pengusaha itu dianggap dapat memberikan gambaran kepada calon pemimpin selanjutnya ihwal hal-hal yang dibutuhkan untuk mendorong ekonomi Indonesia melesat.

"Jadi ini masukan kami, sumbangsih kami kepada calon pemimpin yang akan datang. Di situ lah kami sebutan apa sebenarnya hal-hal yang dibutuhkan," jelas Shinta.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Rabu (18/10/2023), Ketua umum PDIP, Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam), Mahfud MD sebagai cawapres mendampingi capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Megawati menuturkan, dipilihnya Mahfud sebagai cawapres Ganjar dilakukan usai dirinya melakukan perenungan dan menerima masukan dari banyak pihak, termasuk para ketua umum parpol lainnya yang mendukung pencapresan Ganjar.

"Saya orang yang sudah pengalaman hidup dan politik yang cukup panjang sehingga saya tidak begitu mudah untuk mengambil, yang saya jadikan kemudian hari menjadi pemimpin untuk bangsa dan negara ini," ujar Megawati di Kantor DPP PDIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper