Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

1.000 Universitas Terbaik di Dunia: Hanya UI dari Indonesia

UI masuk dalam 1.000 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2024.
Rumah Sakit Universitas Indonesia/Kemenkes RI
Rumah Sakit Universitas Indonesia/Kemenkes RI

Bisnis.com, JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) masuk dalam 1.000 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) 2024.

UI berada pada posisi 801-1.000, padahal tahun sebelumnya berada pada posisi 1001-1200.

Peringkat tersebut dirilis oleh THE WUR pada Rabu (27/9/2023) disaat acara THE World Academic Summit 2023 di Sydney, Australia.

Atas capaian tersebut, Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. yang memimpin delegasi UI hadir di THE World Academic Summit 2023 mengapresiasi kerja keras seluruh civitas akademika UI yang telah berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan UI.

Dia menyebut bahwa kenaikan peringkat UI merupakan hasil kerja sama erat antara para pemimpin tinggi UI, para pengelola UI, komunitas akademik UI, dan berbagai stakeholder yang mendukung.

"Peringkat UI di THE World University Rankings 2024 telah meningkat, dari sebelumnya di peringkat 1001-1200 pada 2023 menjadi peringkat 801-1000 di 2024. Ini menjadi bukti nyata dari dedikasi dan kerja keras semua pihak yang terlibat. Terima kasih kepada Bapak/Ibu pimpinan tinggi serta pengelola UI, dosen, mahasiswa, dan mitra kami yang telah berkontribusi untuk mencapai prestasi luar biasa ini,” ujar Ari dikutip dari laman ui.ac.id, Selasa (3/10/2023).

THE WUR 2024 diikuti oleh 1.904 Universitas dari 108 negara dan wilayah. UI menjadi satu-satunya DARI Indonesia yang berhasil masuk peringkat 1000 terbaik di dunia. UI dinilai unggul pada 18 indikator kinerja dari 33 Universitas di Indonesia.

Indikator tersebut yakni bidang Teaching, Research Environment, Research Quality, Industry, dan International Outlook.

Pada bidang Teaching, UI menduduki peringkat 198 untuk lima indikator terkait, yaitu doctorate bachelor ratio, doctorate staff ratio, teaching reputation, student staff ratio, dan institutional income. Di bidang Research Environment, UI di peringkat 681 dengan indikator research produktivity, research reputation, dan research income.

pada bidang International Outlook, UI meraih peringkat 576 pada empat indikator, yaitu international students, dan studying abroad.

Didirikan pada tahun 1849, Universitas Indonesia adalah universitas negeri tertua di Indonesia dengan kampus di Depok, Jawa Barat dan Jakarta. Kampus utama di Depok kini menampung sebagian besar fakultas. (Andy Repi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper